Target PPKM Level 1, Kendal Kejar Vaksinasi Lansia 60 Persen

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Posisi Capaian Vaksin Covid 19 di Kabupaten Kendal sudah mencapai 71 persen dari target 802.190 sasaran. Meski demikian posisi PPKM masih ada di level 2, karena untuk capaian level 1 vaksin untuk lansia harus sudah mencapai 60 persen.

Untuk menggapai itu, Bupati Kendal Dico Ganinduto menegaskan, masih ada satu PR lagi yang harus dikejar yakni capaian vaksinasi lansia minimal 60 persen dari target. Saat ini vaksinasi lansia di Kendal saat ini baru tercapai 41.914 orang atau 47 persen saja.

Dico pun memerintahkan kepada Dinas Kesehatan untuk mengejar target vaksinasi lansia hingga ke pelosok-pelosok desa.

“Saat ini vaksinasi sudah mencapai 71 persen, untuk bisa turun level 1, beberapa indikator diantaranya vaksinasi lansia, ada kesulitan karena kebanyakan yang belum divaksin memiliki penyakit penyerta terutama masalah tensi,”ujar Dico.

Pihaknya berupaya dengan lebih giat mencari sasaran yang tidak ada penyakit penyertanya. “Ini merupakan tantangan bagi kami, dan upaya keras untuk mencapai 60 persen lansia sudah tervaksin,”lanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay menerangkan, target sasaran vaksinasi adalah 802.190 orang dari total jumlah penduduk Kendal. “Saat ini baru tercapai 573.504 sasaran atau 71 persen dari total target,”ujar Ferry.

Untuk mengejar capaian vaksinasi lansia, pihaknya memprogramkan vaksinasi menyasar masyarakat di wilayah pegunungan seperti di Kecamatan Sukorejo, Patean, Singorojo, Limbangan, dan Boja.

“Kami akan melaksanakan vaksin dilakukan dengan cara terpusat atau mendatangi sasaran door to door,” lanjutnya. (Ung)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI