Target Submit Jurnal Internasional, FKM Unimus Gelar Klinik Manuskrip

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar Klinik Manuskrip Jurnal di kampus setempat, Senin-Rabu (28-30/12/2021).

Dekan FKM Unimus Dr Sayono SKM MKes (epid) didampingi Ketua Panitia Kegiatan Irfanul Hakim SKM PhD.Sc menyampaikan Klinik Manuskrip dilakukan dalam rangka mendongkrak publikasi ilmiah para dosen.

“Publikasi ilmiah memiliki multi fungsi, pertama menjngkatkan kredibilitas kepakaran dosen sekaligus untuk eligibilitas kompetisi penelitian tingkat nasional serta internasional. Sekaligus bisa untuk meningkatkan percepatan jabatan fungsional dosen” ujar Dr Sayono.

Menurut Sayono, semua itu akan bisa mendongkak kredibilitas lembaga Unimus di bidang ilmiah. Dari banyak hal bermuara pada akreditasi Unggul 2025. Klinik juga dilakukan untuk pembiasaan dosen menulis.

Awalnya peserta dibantu,dipandu, didampingi tiap semester 2 sampai 3 periode. Jika sudah bisa maka dilepas dan siap berkompetisi nasional dan internasional. Juga untuk meningkatkan jabatan fungsional dosen.

Senada Kepala Department Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKM Didik Sumanto SKM MKes (Epid) menyampaikan FKM mengadakan klinik manuskrip bagi para dosen selama 3 hari. Antusias para peserta luar biasa.

“Harapannya kami semua peserta bisa submit di jurnal internasional bereputasi, minimal Sinta Dua. Akan ada pendanaan dari Fakuktas kalau bisa submit di jurnal yang jadi target, bukan jurnal yg di bawah target” ujar Didik.

Sementara itu pula salah satu peserta Klinik Manuskrip Diki Bima Prasetio SKM MPH menyampaikan semua peserta Klinik dibimbing menulis mulai dari judul, abstrak sampai daftar pustaka. Juga dilatih secara teknis dan detail cara membuat akun, memilih jurnal dan lain sebainya.

“Alhamdulilah saya bisa sampai submit ke jurnal internasional terindeks Scopus dan ini pertama kalinya bagi saya submit ke jurnal internasional terindeks Scopus” ujar Diki. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI