Tekan Penularan Covid-19, RS Bhayangkara Semarang Buka Layanan PCR dan Forklin

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Bhayangkara Semarang membuka dua layanan baru Laboratorium as soon PCR dan Ruang Pelayanan Forensik Klinik (Forklin). Operasional penambahan dua fasilitas pelayanan kesehatan kesehatan RS Bhayangkara Semarang tersebut secara resmi, Jumat(13/11) dibuka Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Lutfi.

Kapolda mengatakan dibukanya dua layanan baru Laboratorium PCR dan Ruang Pelayanan Forensik Klinik (Forklin) dalam upaya meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan terhadap semua anggota Polri dan masyarakat umum.

Disebutkan PCR akan mendeteksi material genetik virus Corona dan mendiagnosa Covid-19. “Pada situasi Pandemi saat ini sangat dibutuhkan pemeriksaan PCR tujuanya mengetahui segera apabila seseorang terpapar Covid-19 jadi bisa segera di isolasi dan di lakukan tracking sehingga penularan bisa kita hindari,” tuturnya.

PCR atau sering disebut Polymerase Chain Reaction merupakan suatu standar baku untuk menegakkan diagnosis Covid-19 Karumkit RS Bhayangkara Semarang, Kombes Pol Dr. dr. Sumy Hastry menjelaskan Lab PCR milik RS Bhayangkara masih menungu proses sertifikasi dari Kemenkes agar terdaftar sebagai Laborat jejaring Kemenkes.

Ia mengatakan laborat PCR memiliki luas 37 M yang terdiri dari 3 ruangan. Ruang 1 penerimaan sample dan ekstraksi sample, Ruang 2 ruang mixing reagen, ruang 3 ruang pemeriksaa PCR.

BERITA REKOMENDASI