Terkait Kasus PMK, Masyarakat Jangan Terlalu Panik

SEMARANG, KRJOGJA.com – Masyarakat diharapkan tidak perlu panik terkait ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Tengah. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menegaskan pihaknya sudah siaga menghadapi kasus tersebut.

Beberapa waktu lalu Ganjar mendeteksi kasus PMK di tiga Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Boyolali, Rembang dan Sragen. Dari kasus PMK yang ditemukan, sudah ada hewan ternak yang diobati dan sembuh.

“Sekarang masih dalam pantauan terus-menerus jadi masyarakat ngga perlu panik. Wong itu sudah ada yang bisa diobati bahkan diobati sembuh kok,” ujar Ganjar di kantornya, Semarang, Selasa (17/5/2022).

Ganjar menyampaikan, tim Unit Reaksi Cepat (URC) Pemprov Jateng yang dibentuk untuk memantau perkembangan PMK masih terus berjalan.

Jauh sebelumnya, Ganjar juga sudah berkomunikasi dengan kementerian terkait, termasuk bertemu Kementerian Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mendorong penyelesaian PMK yang menjangkit hewan ternak ini dipercepat.

Diketahui, beberapa waktu lalu Ganjar mendeteksi kasus PMK di tiga Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Boyolali, Rembang dan Sragen.

BERITA REKOMENDASI