Terkendala Persyaratan, 40 Pejabat Eselon III Dan IV Di Kendal Batal Dilantik

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Pelantikan pejabat eselon III dan IV yang digelar di TPA Darupono akhir Agustus lalu menyisakan pekerjaan rumah bagi Pemkab Kendal. Pasalnya ada 40 pejabat batal dilantik karena terkendala kurang lebgkapnya administrasi. Meskioin sudah ada pelantikan namun karena adanya kesalahan tersebut menjadikan banyak jabatan yang masih kosong.

Bupati Kendal, Dico Ganinduto mengatakan bahwa ada dua OPD yang pengangkatan pejabatnya harus melalui persetujuan pusat atau Kementrian. “saat pelantikan yang lalu ada kekuranglengkapan persyaratan karena harus ada ijin dari Kementrian, hal ini menyebabkan beberapa pejabat eselon II dan III tertunda pelantikannya dan secara otomatis masih ada kekosongan,” Ujar Dico Kamis (16/9).

Dico mengaku, terkait hal tersebut dirinya langsung melakukan diskusi dengan OPD dan pihak-pihak terlibat dalam proses pengangkatan pejabat yang dimaksud. Dico menegaskan agar ke depannya tidak ada lagi kesalahan administrasi maupun ketidaklengkapan persyaratan yang membuat pengisian jabatan tertunda.

Meski demikian Dico melihat penundaan pengangkatan jabatan eselon III dan IV ini sebagai waktu yang tepat untuk berbenah dan meningkatkan kualitas proses pengisian. “Langsung saya ajak diskusi. Sekarang sedang proses berbenah dan melengkapi administrasi, saya dorong terus supaya cepat ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian tidak ada lagi jabatan kosong. Kita upayakan terus supaya pemerintahan tidak pincang dengan jabatan-jabatan kosong itu,”lanjutnya.

Terpisah Cicik Sulastri Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kendal menjelaskan soal kelengkapan administrasi tersebut. Ada dua OPD yaitu Inspektorat dan Dispendukcapil yang rotasi dan mutasi jabatannya harus ada ijin dari Kementrian. Tercatat ada 40 pejabat yang akan di rotasi dan mutasi namun tertunda karena syarat tersebut.

“Saat ini kami sedang melakukan pemenuhan persyaratan agar rotasi dan mutasi pada dua OPD tersebut secepatnya dilaksanakan,”ujar Cicik. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI