Tidak Ada Intimidasi, Patroli Polisi Di Wadas Purworejo Murni Kegiatan Rutin

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, Krjogja.com – Personil Polres Purworejo di Desa Wadas di tengah pandemi murni patroli rutin dan kegiatan sosial ditambah mendatangkan warga penerima bantuan BPTKLW (Bantuan Tunai Pelaku Usaha PKL dan Pemilik Warung) agar usaha mereka tetap hidup dan berkembang di masa pandemi.

Hal itu diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy kepada wartawan menanggapi isue negatif di Desa Wadas, Sabtu(25/9,2021).

“Saya rasa semua tahu bahwa Polri terlibat aktif dalam penanggulangan covid seperti melakukan penyuluhan, vaksinasi massal, bagi-bagi masker serta memberikan bansos pada warga yang terdampak wabah covid-19”, tuturnya.

Ia menyayangkan adanya isu negatif tentang kegiatan patroli rutin di Desa Wadas, Purworejo, yang dikesankan bahwa polisi melakukan intimidasi dan membuat trauma masyarakat.

“Patroli polisi itu bermacam-macam bentuknya, ada patroli terbuka dan patroli tertutup. Patroli terbuka ada yang dilakukan Bhabinkamtibmas, petugas fungsi sabhara serta lalu lintas. Polsek setempat juga wajib melakukan patroli untuk antisipasi Kamtibmas”, jelasnya.

Terkait tentang adanya sejumlah warga yang menolak rencana kegiatan penambangan andesit di wilayah desa setempat, Kabidhumas menyatakan pihaknya memahami benar hal itu. Menurutnya, aksi pro kontra terhadap suatu kegiatan atau kebijakan adalah hal yang lumrah di negara demokrasi. Polri menghormati hak setiap warga negara dan siap melindungi keselamatan warga dengan memelihara stabilitas kamtibmas sesuai amanat konstitusi.

“Masalah pro kontra warga bisa diselesaikan lewat jalur hukum atau musyawarah. Namun apa yang dilakukan Polri di Wadas, Kabid Humas kembali menegaskan murni melaksanakan patroli dan kegiatan lain, termasuk kegiatan sosial membagi masker dan sembako yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di masa pandemi covid-19 ini.

Disingung, mengenai petugas bersenjata melakukan patroli,menurut Iqbal, itu merupakan prosedur tetap yang berlaku bagi fungsi sabhara termasuk di Polsek.

BERITA REKOMENDASI