Tim Pengabdian Masyarakat Unnes Lakukan Edukasi Vegetatif

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG,KRJOGJA.com – Tim Pengabdian Masyarakat (PM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diketuai Endah Fitriani Rahayu SSi MSc bersama tim melakukan kegiatan edukasi dengan metode pendekatan vegetatif dalam penanganan bencana longsor di Kelurahan Sukorejo, Gunungpati 4 Juli 2021 lalu.

Endah Fitriani Rahayu kepada pers Sabtu (17/7/2021) menyampaikan tim pengabdi melakukan edukasi kepada masyarakat setempat dengan cara sosialisasi, dialog dan pendampingan tentang potensi, pencegahan serta penanganan bencana longsor dengan metode pendekatan vegetatif di Kelurahan Sukorejo. Kegiatan ini dihadiri warga dan Ibu PKK di lingkungan Kelurahan Sukorejo dan sekitarnya dan dilaksanakan secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan ketat.

“Dalam kajian yang telah dilakukan, Kelurahan Sukorejo memerlukan edukasi untuk pencegahan dan penanganan bencana longsor yang optimal, karena kondisi geografis tanah di Kelurahan Sukorejo terdiri dari 80% perbukitan, bertanah lempung, dan berpotensi longsor serta mempunyai debit air tinggi ketika musim hujan tiba. Edukasi ini bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat untuk penanganan bencana longsor sehingga warga dapat mengetahui potensi longsor tingkat rendah, sedang dan tinggi beserta proses pencegahan dan penanganannya” ujar Endah Fitriani Rahayu.

Lebih lanjut menurutnya, metode pencegahan dan penanganan bencana longsor yang digunakan adalah dengan pendekatan vegetatif. Metode ini bertujuan untuk memilah jenis tanaman yang sesuai dan lokasi penanaman berdasarkan tingkat kerawanan bencana longsor di subsektor area Kelurahan Sukorejo. Dengan penggunaan metode pendekatan vegetatif, pencegahan dan penanganan bencana longsor oleh pemerintah setempat bersama warga dapat dilakukan secara optimal terencana.

“Kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan untuk penataan ruang dan penanaman bibit sesuai dengan kondisi tanah longsor yang terjadi. Pada kesempatan tersebut, warga dan Ibu PKK Kelurahan Sukorejo, berterimakasih dan mengapresiasi telah diberikan edukasi berupa sosialisasi, dialog bersama serta pendampingan dalam pencegahan dan penanganan bencana longsor. Setelah kegiatan ini, diharapkan kuantitas bencana longsor di wilayah Kelurahan Sukorejo dapat ditekan sehingga warga dapat tinggal dengan nyaman tanpa kawatir terjadi bencana longsor” tandas Endah Fitriani Rahayu. (sgi)

BERITA REKOMENDASI