Tim Pengabdian Undip Bantu Alat Sterilisasi Botol ke Warga Desa Pledokan Kabupaten Semarang

SEMARANG,KRJOGJA.com-Tim Pengabdian Masyarakat Undip Semarang yang diketuai dr Sri Winarni MKes dengan anggota Asri Nurdiana ST MT dan Dr Agus Setyawan SSi MSi membantu masyarakat Desa Pledokan Kabupaten Semarang melalui pelatihan pengolahan buah mahkota dewa menjadi olahan minuman berupa sirup.

Pelatihan proses pengolahan mahkota dewa dan buah lain-lain ini diakhiri dengan pemberian bantuan alat berupa alat sterilisasi botol untuk tempat pengemasan sirup mahkota dewa kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tazzaka yang diwakili Yatimah dan Jawiyati Arifah.

“Alat sterilisasi yang diberikan merupakan bantuan Undip kepada warga desa dengan tujuan meningkatkan kualitas yang lebih higienis dari pengemasan olahan buah mahkota dewa menjadi sirup mahkota dewa. Dengan dukungan dari Universitas Diponegoro kami bekerjasama dengan mitra KUB Tazzaka dan warga desa RW 01 Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang” ujar dr Sri Winarni MKes.

Menurut dr Sri Winarni MKes, sterilisasi adalah proses pemusnahan semua mikroorganisme yang terdapat pada suatu peralatan. Mikroorganisme yang dimusnahkan berupa bakteri, spora, fungi dan semua organisme patogen yang berbahaya. Jadi, alat sterilisasi merupakan alat yang digunakan untuk peralatan yang akan dibersihkan dari mikroorganisme dengan cara pemusnahan mikroorganisme. Dalam keberlangsungannya nanti, alat sterilisasi dapat digunakan untuk mensterilkan botol kaca agar saat proses pengemasan nantinya, botol kaca tidak terkontaminasi dengan mikroorganisme yang dapat menyebabkan khasiat dari sirup mahkota dewa berkurang.

“Alat sterilisasi bekerja dengan cara pemanasan agar mikroorganisme yang terdapat pada peralatan atau botol kaca dapat mati. Pemanasan dilakukan dengan suhu kisaran 120 °C. Alat sterilisasi menggunakan ozon untuk membunuh bakteri. Sehingga alat sterilisasi tersebut sudah dapat dipastikan membunuh mikroorganisme yang menempel pada peralatan yang akan disterilkan” ujar dr Sri Winarni MKes.

Lebih lanjut menurutnya, Program Pengabdian Masyarakat Undip ini menghasilkan produk olahan minuman berupa sirup dengan bahan dasar mahkota dewa. Pemasaran dilakukan melalui media daring, dikarenakan kondisi saat ini yaitu pandemic Covid-19. Media daring yang digunakan pun beragam, mulai dari e-commerce hingga media sosial. Dengan adanya produk sirup tersebut dan pemasaran yang dilakukan maka diharapkan bisa meningkatkan penghasilan tiap kepala keluarga di dalam desa tersebut. (sgi)

BERITA REKOMENDASI