Tim Pengabdian Undip Bantu Mesin Pengaduk  Otomatis Untuk Warga Teluk Awur Jepara

SEMARANG,KRJOGJA.com- Tim Pengabdian Masyarakat Undip Semarang diketuai Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA membantu masyarakat Desa Teluk Awur, Kabupaten Jepara cara pengolahan rumput laut jenis Sargassum menjadi kerupuk rumput laut yang renyah-higienis dan olahan bolu dari rumput laut. Pelatihan proses pengolahan rumput laut dan lain-lain ini diakhiri dengan pemberian bantuan alat pengaduk makanan otomatis kepada masyarakat setempat.

“Bantuan mesin bertujuan meningkatkan olahan Sargassum untuk kewirausahaan warga desa. Tim Pengabdian Undip Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) beranggotakan dr Sri Winarni MKes, Dr Agus Setyawan SSi MSi dan Ir Hadi Endrawati DESU dengan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional ini bekerja sama dengan mitra dan warga di RT 03 Desa Telukawur Jepara” Jelas Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

Alat pengaduk ini membantu proses pengadukan bahan olahan pangan dan meminimalkan kontak tangan yang dapat memicu kontaminasi. Dengan alat ini bisa meringankan beban ibu ibu PKK dalam mengolah makanan dari rumput laut. Hasil produksi meningkat karena bahan olahan pangan dapat diolah dengan kapasitas besar dan otomatis.

Mesin Pengaduk yang multiguna ini, ujar Prof Zaenuri, dipakai degan 3 fungsi pengadukan sesuai dengan bahan adonan dengan tingkat kekentalan yang berbeda. Spiral dapat digunakan untuk mengaduk adonan tepung dan jenis bahan makanan yang sangat kental. Beater berfungsi untuk mengaduk keju, adonan pastry dan croissant, aneka tepung, mentega. Serta Whip dapat diaplikasikan untuk mengaduk bahan makanan encer seperti  crea, telur, susu segar. Dimana ketiga adonan tersebut bisa dicampur dengan bahan rumput laut.

BERITA REKOMENDASI