Tim Pengabdian Unimus Tingkatkan Kualitas Hidup ODHA

SEMARANG, KRJOGJA.com -Dalam kesehariannya, orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mengalami berbagai kesulitan dalam hidup. Selain kekebalan tubuh berkurang yang mengakibatkan rentan terhadap penyakit, mereka juga menghadapi masalah psikologis, emosional, sosial, dan spiritual. Mereka membutuhkan perawatan khusus dan dukungan sosial dari segenap komponen masyarakat. Sementara itu, kesadaran masyarakat tentang masalah HIV/AIDS masih terbatas pada sesama penderita dan relawan yang terpanggil naluri kemanusiaannya. Masyarakat luas masih banyak menstigma yang menyebabkan buruknya kualitas hidup.

“Saat ini terdapat lebih dari 400 ODHA on ART di Kabupaten Kudus terdampingi oleh kelompok dukungan sebaya (KDS “Kasih”). Namun ada tantangan yang dihadapi dalam mendampingi ODHA. Beberapa masalah penjangkauan di komunitas yang diidentifikasi di antaranya kompleksitas permasalahan individu ODHA dan keluarganya, luas cakupan wilayah dan rasio pendampingan yang tidak proporsional, takut kontak langsung, sistem pencatatan data masih manual, sehingga sering error dan hilang” ujar dosen Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Ns Ernawati SKp MKes di kampus setempat Senin (9/11/2020).

Terkait persoalan itu pula tim Program Pengabdian Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT) Unimus tahun 2020 dengan ketua Ns Ernawati SKp MKes (Prodi S1 Keperawatan) beranggotakan Drs Ahmad Faturohman MKom (Prodi Informatika Unimus) menggandeng Amran Yobioktobera M.Kom (Politeknik Negeri Semarang) bermitra dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kabupaten Kudus, relawaan LSM Kauman, serta KDS “Kasih” menawarkan solusi dari permasalahan kader dalam pendampingan dan meningkatkan kualitas hidup ODHA.

Didanai Kemenristek BRIN mulai tahun 2020, tim merancang pelayanan kader Kesehatan HIV/AIDS di komunitas dengan Sistem Elektronik HIV/AIDS Terpadu oleh kader diberi nama “SEHAT-Kader”app berbasis Web sebagai pencatatan kesehatan pribadi ODHA dan rencana kebutuhan khusus berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas hidup.

BERITA REKOMENDASI