Tim Pengabdian Unnes Dampingi Konservasi Anggrek Species Gunung Ungaran

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG,KRJOGJA.com – Tim Pengabdian masyarakat Unnes yang terdiri dari Prof Enni Suwarsi Rahayu MSi, Ir Nur Rahayu Utami MSi, Dante Alighiri SPd MSi, Dr Margareta Rahayuningsih MSi dan Setyo Yowono SKom melakukan pendampingan konservasi anggrek species Gunung Ungaran pada masyarakat di Desa Ngesrepbalong.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat sekitar Gunung Ungaran tentang anggrek species Gunung Ungaran, konservasi anggrek species Gunung Ungaran yang mencakup pelestarian dan pemanfaatan, serta memberikan bekal ketrampilan dalam budidaya anggrek species Gunung Ungaran secara lestari.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada tanggal 6 Juni 2021 lalu di Omah Sawah Dusun Gempol Desa Ngesrepbalong. Kegiatan pendampingan yang dilakukan antara lain adalah pemahaman tentang anggrek species Gunung Ungaran dan upaya konservasi, inovasi teknologi dalam budidaya anggrek species Gunung Ungaran dan aklimatisasi anggrek species Gunung Ungaran.

“Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, kegiatan ini terbatas hanya 15 peserta dan dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta terlihat sangat bersemangat dan antusias selama mengikuti kegiatan pengabdian masayarakat” ujar Prof Enni Suwarsi Rahayu MSi kepada pers di sela-sela monitoring kegiatan, Sabtu (17/7/2021).

Menurut beberapa peserta, setelah kegiatan dilakukan mereka semakin memahami akan pentingnya konservasi anggrek spesies Gunung Ungaran dan semakin trampil dalam budidaya anggrek karena dalam kegiatan ini juga dilakukan praktek secara langsung bagaimana aklimatisasi dengan benar. Hasil dari praktek aklimatisasi selanjutnya terus dimonitor dan dievaluasi oleh tim pengabdian masyarakat selama 3 bulan kedepan.

Dalam kegiatan ini, Tim pengabdian masyarakat juga bekerjasama dengan PT Indonesia Power yang akan memberikan dukungan pelatihan kultur jaringan anggrek di Sasana Kultura Jurusan Biologi Unnes bagi 3 peserta pelatihan terbaik. (sgi)

BERITA REKOMENDASI