Tingkatkan Imunitas, Dandim Ajak Warga Tanam Empon-empon

Editor: Agus Sigit

SEMARANG KRJogja.Com – Komandan Kodim 0733 BS Semarang, Kol Kav Zubaedi SSos MM meminta warga Kota Semarang memanfaatkan tanaman obat empon-empon sebagai upaya meningkatkan kekebalan atau imun tubuh dalam menghadapi mewabahnya COVID-19. Hal itu disampaikan kepada warga Kelurahan Rowosari yang hadir saat dirinya meninjau proses pengerjaan talud dan saluran dalam program TMMD Reguler Ke-107 Kodim 0733 BS Semarang Tahun Anggaran 2020, Sabtu (21/3/2020).

Dandim kemudian melihat di sekitaran lokasi pembangunan saluran terdapat lahan kosong dan terbesit di benaknya akan lebih bermanfaat bila lahan tersebut ditanami empon-empon seperti kunir, temulawak, jahe dan kencur. “Ini lahan akan bermanfaat bila ditanami empon-empon. Semua tanaman empon-empon kalau ada di sini terntu akan memenuhi kebutuhan warga di sini bila membutuhkannya untuk obat meninggatkan sistem imun ,” ungkapnya sambil mengambil satu batang pohon kunir.

Zubaedi mengungkapkan, perlunya ketahanan pangan yang salah satunya menggiatkan menanam tanaman obat-obatan tradisional atau yang dikenal apotik hidup. Sehingga seperti kondisi sekarang ini, kalau kita memiliki tanaman apotik hidup seperti ini, maka kita punya solusi untuk pencegahan wabah COVID-19 atau Corona. Karena tanaman empon-empon seperti kunir, jahe, temulawak dan sereh di dalamnya terdapat kandungan yang mampu meningkatkan ketahanan tubuh atau imun,” ungkap Dandim 0733 BS Semarang.

BERITA TERKAIT