Tinjau Pelabuhan, DPRD Kendal Minta Komitmen Dinas Perhubungan

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Kondisi Pelabuhan Kendal yang memprihatinkan membuat Komisi C DPRD Kabupaten Kendal meminta Dinas Perhubungan merinci anggaran yang dibutuhkan untuk perawatan. Beberapa hal yang penting dan segera adalah pengerukan karena kapal saat ini tidak bisa bersandar jika air surut. Kapal hanya bisa merapat saat air laut pasang dan tidak bisa dibiarkan seperti itu terjadi.

Ketua Komisi C DPRD Kendal Bintang Yudha Daneswara Jumat (18/6) mengatakan jika pihaknya akan membantu menfasilitasi Dinas Perhubungan ke Provinsi maupun Pusat. “Jika Kapal tidak bisa bersandar maka akan mengurangi PAD karena penumpang yang akan turun di pelabuhan Kendal berkurang,” ujar Danes.

Zaenudin Anggota Komisi C DPRD justru mempertanyakan kemampuan Dinas Perhubungan Kendal dalam mengelola pelabuhan. “Kalau tidak mampu mengelola lebih baik diserahkan pihak yang mampu dan memikiki kompetensi daripada terlihat memprihatinkan,”ujar Zaenudin.

Andi Rahmat Kepala UPT Pelabuhan Kendal menjelaskan saat ini hanya KM Kalibodri yang beroperasi. Satu Kapal dengan tujuan Karmunjawa kini tidak beroperasi. “Meski dangkal namun kapal tetap bisa bersandar, kondisi sepi karena memang dampak dari pandemi Covid 19,”ujar Andi. (Ung)

BERITA REKOMENDASI