TMMD Hasilkan Kegembiraan Warga Tlumpak

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG KRJogja.Com – Sebagai dampak pelaksanaan TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) di wilayah Tlumpak, Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Semarang, warga kini merasakan kegembiraannya sebab memiliki akse jalan tembus antar Kedungmundu-Jangli melalui Kampung Tlumpak.

TMMD yang dilakukan Kodim 0733 BS Semarang bekerjasama dengan Pemkot Semarang, berhasil membuka jalan dan mengaspal jalan sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter di jalur tembus Kedungmundu-Jangli. TMMD juga mengaspal jalan desa sepanjang 200 meter dengan lebar 1,5 meter.

10 Warga Tlumpak juga mengungkapkan terima kasihnya lantasan rumahnya yang tidak layak huni ikut diperbaiki dan dibangun kembali dalam kegiatan bedah rumah TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun anggaran 2018 yang dibuka Walikota Searang Hendrar Prihadi dan Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Inf M Taufiq Zega, sebulan lalu.

Menurut Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Inf M Taufiq Zega saat penutupan Kamis (3/5/2018) di Tembalang, TMMD digelar merupakan program TNI AD untuk mendorong percepatan pembangunan di wilayah-wilayah yang masih perlu dorongan untuk berkembang. "Oleh karena itu kami mensupport pemerintah Kota Semarang untuk mengembangakan wilayah agar memberikan dampak positif bagi masyarakatnya", ungkap Kol Inf M Taufiq Zega.

TMMD di Kampung Tlumpak Tandang Tembalang menurut Taufiq Zega sangat tepat dan manfaatnya disambut gembira warga. Bila dilihat secara geografis, Tlumpak berada di kawasan perbukitan kedungmundu dan untuk menuju wilayah tersebut harus melintasi tempat pemakaman umum. Dengan adanya jalan tembus yang diaspal melalui program TMMD, maka untuk ke Tlumpak bisa diakses dari jalan yang ada di Jangli.

Selain membangun jalan, TMMD juga membangun sarana air bersih di rumah ibadah Masjid yang ada di Tlumpak. Selain itu juga membangun 2 fasilitas sanitasi warga berupa jamban.
Penyerahan hasil proyek pembangunan wilayah melalui TMMD dilakukan oleh Taufik Zega kepada Wakil Walikota Semarang, Hevearita yang datang mewakili Walikota Semarang.

Pasiter Kodim 0733 BS Semarang Kapten Inf Susanto didamping Danramil Tembalang Kapten Inf Suryanto mengungkapkan TMMD yang digelar di Tlumpak mendapat dukungan dari warga. Dalam kegiatan TNI AD selalu dibantu oleh ratusan warga. "Mereka ini merasa terbantu dengan program TMMD, karena itu selalu ada yang menanyakan kapan pekerjaan akan dimulai setiap pagi dan para anggota Kodim belum datang ke lokasi. Mereka ingin membantu kerja prajurit AD yang dilibatkan dalam TMMD", ungkap Kapten Inf Susanto.

Dalam TMMD ini menurut Susanto juga dibagikan sembako untuk warga kurang mampu. Pembagian sembako dilakukan oleh Dandim 0733 BS Semarang dan Wakil Walikota Semarang secara langsung kepada warga yang berhak menerima.

Wakil walikota Semarang berharap agar hasil pembangunan melalui TMMD bisa dimaknai bahwa kebersamaan dengan rakyat akan menghasilkan karya yang bermanfaat dan bisa dinikmati bersama menuju Semarang Hebat.
Oleh karena itu, Wakil Walikota Semarang meminta agar warga bisa menjaga dan merawat bangunan yang kini telah menjadi baik dan bagus. (Cha) 

 

BERITA REKOMENDASI