TMMD Sengkuyung Kodim Semarang Digelar

Editor: Agus Sigit

SEMARANG KRJogja.com – Kodim 0733 Kota Semarang akan membangun infrastruktur di wilayah Kelurahan Pongangan, kecamatan Gunungpati Semarang melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung mulai Rabu (11/5/2022). Dimulainya kegiatan ini ditandai dengan pembukaan oleh Walikota Semarang Dr H Hendrar Prihadi SE MM disaksikan Dandim 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana M.MDS, Kapolrestabes Kombesl Pol Irwan, Ketua DPRD Semarang dan Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Andrarasmara.

Dandim 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Honi Havana MMDS dalam sambutannya mengatakan bahwa TNI, khususnya Angkatan Darat dalam situasi aman damai tidak perang menjalankan tugas operasi non perang yang salah satunya disebut atau dikenal dengan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD.
“TMMD ini adalah menjalankan peran membantu Pemerintah dalam mengatasi persoalan kewilayahan, dimana membantu menuntaskan pembangunan demi terciptanya sarana prasarana yang lebih baih agar bisa menunjang kesejahteraan masyarakat. Program yang dulu dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD) ini telah menyumbang kemajuan di daerah-daerah pinggiran yang belum tersentuh pembangunan.
Dengan kemanunggalan TNI-Rakyat maka wilayah yang belum maju menjadi maju karena adanya perbaikan sarana jalan hingga sarana umum lainnya. Disamping itu juga ada program-program pemberdayaan masyarakat sehingga akan bisa menyesuaikan dan mendukung kemajuan wilayah,” ungkap Dandim 0733 Kota Semarang.

Kodim 0733 Kota Semarang melaksanakan TMMD Sengkuyung ini juga atas bantuan Pemerintah Kota Semarang dan Baznas Kota Semarang.

Walikota Semarang Dr Hendrar Prihadi SE MM mengapresiasi Kodim 0733 Kota Semarang yang rutin menggelar TMMD setiap tahunnya. Meski dalam kondisi Pandemi Covid-19 pun, Kodim 0733 Kota Semarang terus menjalankan program TMMD sehingga banyak membantu pembangunan di wilayah Kota Semarang, khususnya pinggiran.

“Ini merupakan sinergi positif Kodim 0733 Kota Semarang dengan Pemerintah Kota Semarang sehingga mendukung program Bergerak Bersama untuk menciptakan Semarang menjadi Kota Hebat di Indonesia. Kami sangat berterima kasih sekali karena TMMD wilayah Kota Semarang sekarang menjadi baik, termasuk jalan-jalan desa yang rusak jadi segera teratasi, TMMD terbukti telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya daerah pinggiran. Karena itu Pemerintah Kota Semarang sangat mendukung TMMD ini. Bahkan kami minta kepada Baznas Kota Semarang yang dalam TMMD membantu pendanaan Bedah Rumah Tak Layak Huni (RTLH) 15 unit milik warga tak mampu, saya minta untuk menambahnya 10 lagi, jadi 25 unit rumah.

Program TMMD Sengkuyung Kodim 0733 BS Semarang ini akan digelar selama 30 hari. Adapun sasarannya selain pavingisasi juga akan menyelesaikan pembangungan sarana prasarana air bersih, perbaikan sarana rumah ibadah dan bedah rumah sebanyak 25 unit milik warga tak mampu.

Selain pembangunan fisik, juga digelar beberapa kegiatan non fisik antara lain pembinaan dan pelatihan UMKM, penyuluhan KB dan kesehatan serta penyuluhan tentang bahaya narkotika. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI