TMMD Tingkatkan Ekonomi Rakyat

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap I Provinsi Jawa Tengah 2019 di Kota Semarang di arahkan untuk membangun desa di wilayah Koramil 14 atau Kecamatan Tugu Semarang. 

Pembukaan dilakukan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi SE MM selaku inspektur upacara, Selasa (26/2/2019) dihadiri Dandim 0733 BS Semarang Letkol Kav Zubaedi, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso, Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM Okto Femula, Danramil 14 Tugu Mayor Inf Sarikin dan pejabat perwakilan Kodam IV Diponegoro.

Upacara pembukaan yang menjadi perhatian masyarakat di lapangan Tapak Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu Semarang dipimpin Komandan Upacara Mayor Inf Rahmatullah AR, Danramil 13 Semarang Selatan.

Dalam sambutan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo yang dibacakan Walikota Semarang dalam upacara pembukaan mengetengahkan bahwa TMMD menjadi sarana merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan, termasuk diantaranya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sarana dan prasarana yang menjadi fokus kegiatan.

"Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat", ungkap Hendrar Prihadi.

Diungkapkan dalam sambutan, data BPS per bulan September 2018, mencatat jumlah penduduk miskin Jawa Tengah sebesar 3,87 juta jiwa (11,19%). Mayoritas yang berada di pedesaan mencapai jumlah 2,15 juta jiwa. Untuk itu program TMMD kali ini memfokuskan program penanggulangan kemiskinan di pedesaan dengan prinsip keroyokan melalui pendekatan holistik-integratif-tematik dan spasial. (Cha)

BERITA REKOMENDASI