Tol Dibangun, Petani Minta Dibangunkan JPO

SEMARANG, KRJOGJA.com – Warga Desa Keboan, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, meminta kepada Bupati Semarang Mundjirin membangunkan jembatan penyeberangan orang (JPO) di atas jalan tol Salatiga – Kartasura. JPO ini untuk menyambungkan akses jalan usaha tani yang terputus karena pembangunan jalan tol.

Kepala Desa Keboan Tarmin (40) kepada wartawan mengatakan, permintaan pembangunan JPO tersebut sebenarnya secara tertulis (surat) telah disampaikan kepada Bupati Semarang 8 bulan lalu, yakni pada April 2018. Sampai saat ini, belum ada tindaklanjutnya dari Pemerintah Kabupaten Semarang. 

“Pelaksana proyek jalan tol memang sudah membangunkan akses jalan menuju area perawahan dan dusun. Jalannya memutar sekitar 1 kilometer dan dikeluhkan petani. Kami minta Pemkab Semarang bisa membantu warga untuk pembangunan JPO segera diwujudkan,” tandas Tarmin, Kamis (15/11/2018).

JPO ini sangat penting bagi warga untuk memperpendek jarak usaha kelancaran pertanian dan roda perekonomian masyarakat. Tidak semua petani memiliki sepeda motor untuk sarana ke sawah. “Banyak petani yang tidak memiliki motor dan bisa naik motor, kami membutuhkan JPO,” ujarnya.

Beberapa warga mengungkapkan pengajuan permohonan bantuan pembangunan JPO merupakan aspirasi masyarakat dalam rapat desa. Warga ingin fasilitas umum yang terkena pembangunan jalan tol bisa dikembalikan agar tidak mengganggu mobilitas petani dan aktivitas perekonomian masyarakat. (Sus)

BERITA REKOMENDASI