Tol Jakarta – Surabaya Tersambung, Jokowi: Silahkan Dicoba Mumpung Gratis!

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo meresmikan tiga ruas tol di Jawa Tengah yaitu Pemalang – Batang, Batang – Semarang, Salatiga – Kartasura dengan total sepanjang 142 KM, di Jembatan Kaliluto Kendal Kamis (20/12). Peresmian ini menandai tersambungnya jalan Tol trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya. 

Kepada media usai peresmian Presiden Jokowi mengatakan dengan tersambungnya Tol Trans Jawa ini berharap bisa menumbuhkan investasi sebanyak-banyaknya. "Dengan terhubungnya jalan tol trans jawa ini akan mendatangkan investasi dan meningkatkan lapangan kerja,"ujar Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga telah meresmikan beberapa ruas tol di Jawa Timur. Dengan diresmikannya beberapa ruas tol di Jateng dan Jatim itu kini pulau Jawa telah tersambung tol sepanjang 993 KM telah tersambung dari Jakarta hingga Pasuruan.

Yang berkaitan dengan kawasan wisata, lanjut Jokowi, pihaknya ingin kawasan wisata yang terlalui jalan tol ini bisa dikembangkan sehingga wisatawan yang datang lebih banyak dan pertumbuhan ekonomi daerah yang dilalui semakin baik. 

"Silakan bagi yang ingin mencoba Jakarta – Surabaya, Surabaya – Jakarta, mumpung masih gratis. Ingat, jalan yang baru dan waktu liburan tahun baru," kata Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadinuljono mengatakan pembangunan jalan tol ini merupakan kelanjutan dari pembangunan jalan tol sebelumnya. "Periode tahun 1978-2004 jalan tol terbangun sepanjang 242 KM, tahun 2004-2014 terbangun jalan tol sepanjang 75 KM dan tahun 2015-2018 terbangun jalan tol sepanjang 616KM," ujar Basuki.

Sementara itu Bupati Kendal Mirna Annisa berharap dengan berfungsinya jalan tol yang juga mekintas di Kabupaten Kendal bisa menempatkan UMKM di rest area yang ada. "Saya berharap agar ada tempat bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah yang bisa menjajakan usahanya di rest area yang ada di Kendal, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,"ujar Mirna. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI