TPA Darupono Masih Berasap, Bupati Mirna Kecewa

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – Asap tebal yang menyelimuti lokasi sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono masih sering muncul sejak sebulan terakhir. Penanganan dengan menyiram air dari pemadam kebakaran sudah dilakukan dengan menerjunkan unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi. Pasalnya di lokasi sering muncul api dan membakar TPA yang berada di Desa Darupono tersebut.

Warga sekitar dan juga pengendara yang melintas mengeluh karena jarak pandang akibat asap sisa kebakaran. Bupati Mirna bahkan sudah melakukan sidak terkait permasalahn tersebut.

Saat itu Mirna melakukan pengecekan bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal Sugiyono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sri Purwati, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Ferinando Rad Bonay, dan sejumlah pejabat lainnya.

Mirna mengatakan, kondisi sampah terbakar bermula dari adanya pohon di lahan perhutani yang terbakar. Kondisi api yang membesar merembet dan menyebabkan sampah terbakar.

"Asap sangat mengganggu dan perlu segera ditangani. Mungkin bisa ditimbun ke dalam tanah. Saat itu  baru ada satu eksavator, bisa ditambah paling tidak lima eksavator untuk menimbun sampah. Bisa pinjam ke sejumlah pengusaha,’’ ujar Mirna Kamis (4/10).

Bupati Mirna mengaku kecewa hingga seminggu setelah melakulan sidak belum ada respon dari Dinas Terkait. Padahal saat sidak sudah diperintahkan untuk menyediakan alat berat agar api atau bara yang tertimbun bisa padam.

Pihaknya akan menegur Dinas Terkait untuk segera menindaklanjuti. "Ini kepentingan masyarakat kenapa tidak segera ditindaklanjuti, saya akan panggil dan segera menindaklanjuti,"jelasnya. (Ung)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI