Tuduhan Plagiasi Tidak Terbukti, Irjen Kemendikbud telah Keluarkan LHA Perkuat Surat Rektor UGM

“Hal tersebut memperkuat surat keputusan Rektor UGM yang menyatakan dugaan plagiasi oleh Rektor Unnes tidak terbukti” ujar Burhanuddin.

Lebih lanjut menururut Burhanuddin, tuduhan dugaan plagiasi Disertasi Rektor Unnes berjudul “Pemilihan Bahasa dalam Masyarakat Dwibahasa: Kajian Sosiolinguistik di Banyumas” tahun 2003 pada Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), tidak terbukti. Surat Rektor UGM nomor 1720/UN1.P/SET-R//HK/2020 tanggal 2 April 2020 menyatakan tuduhan plagiasi tersebut tidak terbukti.

“Adanya tuduhan kembali dari aduan masyarakat bahwa putusan Rektor UGM tidak sesuai DKU telah dijawab oleh UGM dengan terbitnya putusan Rektor UGM nomor 2555/UN1.P/SET-R/HK/2020 tanggal 18 Mei 2020 yang menyatakan bahwa putusan DKU bersifat rahasia. Juga kewenangan Rektor UGM sesuai Peraturan Rektor UGM tentang DKU, kajian Tim Hukum UGM atas dokumen, kesaksian mahasiswa dan pembimbing. Dengan terbitnya surat tersebut maka persoalan dugaan plagiasi telah clear dan final” ujar Burhanuddin.

BERITA REKOMENDASI