Tujuh Bulan Padam, Api Abadi Mrapen Kembali Menyala

GROBOGAN, KRJOGJA.com – Setelah sempat sekitar tujuh bulan padam, Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, kini kembali menyala. Penyalaan kembali api legendaris yang dipercaya sebagai peninggalan Sunan Kalijaga itu, dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Senin (20/04/2021).

Proses penyalaan Api Abadi Mrapen dilakukan Ganjar bersama Plh Bupati Grobogan HM Sumarsono dan Kepala Dinas ESDM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko dengan menyulutkan obor di titik sumber Api Abadi.
“Alhamdulillah, Api Abadi Mrapen kembali menyala. Api di tempat ini sejak puluhan tahun sering digunakan untuk menyalaan obor pada acara even nasional dan internasional,” kata Ganjar.

Pada akhir September 2020, Ganjar sempat terkejut mendengar Api Abadi Mrapen padam. Dia pun langsung memerintahkan Kepala Dinas ESDM dan ahli-ahli geologis melakukan penelitian. Ternyata setelah dicek, ditemukan penyebabnya. Istilahnya gas yang menjadi penyuplai Api Abadi ini tersedot karena ada kegiatan pengeboran sumur yang tidak jauh dari lokasi Mrapen.

BERITA REKOMENDASI