Tunjangan Profesi Guru Madrasah Dijamin Lancar

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kepala Kanwil Kemenag Jateng Drs H Farchani SH MM menjamin pembayaran tunjangan profesi guru (TPG) madrasah di provinsi ini mulai 2018, lancar. Sebab, alokasi anggarannya sudah ada, baik untuk guru Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun guru Madrasah Aliyah (MA).

"Bila tak ada kejadian atau kendala yang luar biasa, insya Allah pembayaran tahun ini lancar. Ini jaminan saya. Tentang besaran tunjangan, sama dengan tahun sebelumnya, yakni diklasifikasikan berdasarkan guru sertifikasi non-ASN, guru ASN dan guru inpassing,'' katanya di Semarang, Rabu (2/5/2018).

Dalam wawancara terkait momentum Hardiknas, Farchani menegaskan, komitmennya untuk melaksanakan pembayaran TPG lancar dan tepat waktu.  Hal tersebut, lanjutnya, penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan madrasah di Jateng, khususunya bidang guru dan tenaga kependidikan (GTK). 

Mengingat, pembayaran TPG bagi guru bersertifikat sejak 2012 hingga 2016 terkendala berupa terutang atau pembayaran tak lancar. Nominalnya bagi ASN/PNS sebesar Rp 100,425 miliar lebih dan non-ASN sebesar Rp 543,320 miliar, termasuk di dalamnya guru inpassing. Selain itu, 396 guru madrasah yang dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) 2017, tunjangan profesinya akan dibayarkan mulai Januari 2018. (Isi)

BERITA REKOMENDASI