Turunkan Stunting, ChaCha Bakal Jemput Bola Kerumah Warga

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – ChaCha Frederica Dico Ganinduto Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal bakal menciptakan formula baru dalam menangani stunting atau gagal tumbuh. Cara yang dilakukan berbeda dengan apa yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun sebelumnya posyandu yang menunggu ibu-ibu untuk datang, akan tetapi untuk yang akan datang sebaliknya ibu-ibu yang dikunjungi untuk melihat kondisi anaknya.

Saat ini menurut data angka stunting di Kabupaten Kendal ada 5017, namun secara real tidak diketahui, bahkan bisa jadi lebih besar dari jumlah tersebut. Pasalnya data yang ada saat ini adalah perhitungan anak yang didata dan datang ke posyandu. Dengan sistem baru yang akan dilakukan, ChaCha yakin akan tampil data yang sebenarnya dan baru bisa ditindaklanjuti dengan ketepatan sasaran sehingga jika memang turun akan nyata angka stunting turun.

“Metodenya kami akan ketuk pintu rumah keluarga yang mempunyai anak stunting dan ini kami nilai efektif karena kalau menunggu mereka datang ke posyandu maka akan lebih lama cara penangananya,, angka yang ada saat ini adalah catatan posyandu, sementara angka kehadiran ibu ke posyandu tidak begitu rutin setiap bulan, bahkan biasanya kalau sudah imunisasi campak selesai maka ibu tidak lagi datang ke posyandu, ini kebiasaan yang harus dirubah,”ujar ChaCha.

Dirinya mengaku tidak takut jika sistem diberlakukan maka ada kemungkinan akan terjadi kenaikan yang signifikan karena ini perhitungan nyatanya. “Kami akan hitung anak stunting dan beresiko stunting dengan cara door to door, maka konsekwensinya adalah kebaikan jumlah namun itu nyata, baru kita pikirkan formula penurunannya dengan teoat dan cepat,”lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI