Tyas, Srikandi Tim Pemulasaraan Jenazah Covid 19 Kendal

Editor: Ary B Prass

 

 

KENDAL, KRJOGJA.com- Pasien Covid 19 yang meninggal di rumah sakit sudah pasti akan dimakamkan secara protokol kesehatan (prokes). Petugas dan relawan yang melaksanakan pemakaman tidaklah banyak. Di Kabupaten Kendal hanya ada lima tim yang masing-masingnya beranggotakan 5 orang. Mereka bekerja siang malam membantu memakamkan pasien covid 19 yang meninggal dunia.

 

Dibawah kendali Dinas Kesehatan Kabupaten kelima tim tersebut bekerja mulai dari memandikan jenazah mengkafani sampai memakamkan. Dari lima tim tersenit terdapat dua wanita perkasa yang ikut dalam tim. Tyas adalah salah satu srikandi perkasa yang ikut dalam tim diantara para arjuna perkasa yang mengurus pemakamannya.

 

Tyas saat ini bekerja pada Dinas Satuan Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpolkas) Pemkab Kendal. Tyas bertugas di Bidang Pemadam Kebakaran. Ditemui disela-sela kegiatan Tyas menceritakan tugas yang dilaksanakan pada Tim Pemulasaraan Jenazah. “Yang meninggal karena Covid 19 sudah pasti ada yang perempuan, saya bertugaspemulasaraan untuk jenazah perempuan,” ujar Tyas Rabu (18/8/2021).

 

Mengurus jenazah tidak pernah terpkirkan sebelumnya, namun karena dorogan tugas kemanusiaan maka dirinya merasa terpanggil. “Saya mempelajarbagaimana mengurus jenazah hingga menguburkan dan ada penambahan untuk jenazah pasien covid 19 yang mendapatkan perlakuan berbeda,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI