Uang Pangkal Masuk Undip Viral di Medsos, Ini Tanggapan WR III

SEMARANG,KRJOGJA.com- Berkenaan dengan trending di twitter, lulus jalur Ujian Mandiri (UM) S1 Undip (S1 Ilmu Hukum) harus membayar uang pangkal Rp 87 milyar, Undip menegaskan kalau berita tersebut hoaks dan tidak benar.

Plt. Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Dwi Cahyo Utomo SE MA PhD menanggapi hal tersebut melalui keterangan pers Sabtu (22/8/2020) menyatakan beberapa keterangan beberapa hal terkait trending di tweeter.

Pertama, Undip menyatakan tidak mengenal istilah uang pangkal. Terdapat 3 jalur UM S1 meliputi reguler, jalur kemitraan dan golongan tidak mampu atau pemegang KIP. Pada seleksi UM S1 tahun 2020 yang diumumkan Jumat (21/8/2020) pukul 21.00 WIB, ada yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni Undip menerima calon mahasiswa jalur UM S1 dari kelurga kurang mampu atau pemegang KIP.

“Bahwa biaya pendidikan dan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) berpedoman pada ketentuan Permendikbud nomor 25 tahun 2020. Format kartu bukti kelulusan yang ada di twiter tidak sesuai dengan format resmi yang dikeluarkan oleh Undip sehingga berita uang pangkal Rp 87 milyar untuk jalur kemitraan kami tegaskan tidak benar” ujar Dwi Cahyo Utomo SE MA PhD melalui keterangan pers kepada para wartawan.

Terkait dengan informasi di tweeter tersebut, Undip saat ini sedang mempertimbangkan untuk melakukan tuntutan atau memprosesnya secara hukum terhadap pemilik akun tweeter tersebut.. (sgi)

BERITA REKOMENDASI