UKSW Siap Operasikan Lab Deteksi Covid-19

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga siap mengoperasikan laboratorium Biomolekuler Safety Level (BSL 3) yang juga untuk mendeteksi positif atau tidaknya seseorang terpapar virus korona (Covid-19).

Gedung Laboratorium BSL 3 milik UKSW ini terletak di depan Satlantas Polres Salatiga dan menelan biaya Rp 14 miliar. Ketua DPRD Salatiga, Dance Ishak Palit mengunjungi lab tersebut didampingi Ketua Satgas Pengembangan Laboratorium Biomolekuler UKSW, Prof Ferdy Rondonuwu, Selasa (06/10/2020).

“Saya berharap BSL 3 UKSW ini bisa membantu proses penanganan dan pengendali covid 19 di Jawa Tengah. Sebab lab di Victor Salatiga terlalu banyak sampel yang masuk sehingga hasilnya tidak cepat. Dengan adanya lab BSL3 USKW ini bisa membantu dan berperan dalam mempercepat deteksi covid19 ini,” tandas Dance Ishak Palit kepada wartawan.

Pembangunan dan pengembangan laboratorium BSL3 UKSW ini dibiayai swadaya UKSW dengan tingkat keamanan yang tinggi dan bisa menangani 100 sampel swab per hari.

Ketua Satgas Pengembangan Laboratorium UKSW Salatiga, Ferdy Rondonuwu mengungkapkan, keberadaan laboratorium ini untuk kepentingan nasional. Kami juga meminta dukungan dari semua pihak, tak terkecuali masyarakat dan Pemkot Salatiga. “Kalau pemerintah menugaskan, kami dari UKSW siap,” katanya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI