Undip Launching Bus Anticovid Pertama di Indonesia

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Universitas Diponegoro (Undip) meluncurkan bus anticovid (Pencegah Penyebaran Covid) yang diklaimnya sebagai pertama di Indonesia, di halaman gedung Rektorat kampus Undip Tembalang, Selasa (9/11/2021)

Bus yang dinamai Bio Smart and Safe Bus ini merupakan hasil penelitian bersama antara Universitas Diponegoro dengan sebuah karoseri dan sebuah perusahaan otobus. Kerjasama ini merupakan implementasi dari program matching fund kedaireka.

Matching Fund merupakan bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Dikti (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Industri. Adapun ketua tim program ini adalah Dr dr Awal Prasetyo MKes Sp THT-KL dari Fakultas Kedokteran Undip.

Dalam sambutan peresmian, Rektor Universitas Diponegoro Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum sangat mengapresiasi inovasi yang bermanfaat ini. Terlebih inovasi ini mendukung upaya Pemerintah dalam menangani Covid di Indonesia.

”Inovasi yang sudah dirancang ini jangan berhenti sampai di sini saja. Harus terus berkembang, seperti pesan Ki Hajar Dewantara bahwa kita harus nontoni, niteni, nambahi. Artinya buat inovasi ini menjadi murah, simple dan smart. Dari model bis, diharapkan dapat didesain menjadi mobil yang desainnya lebih sederhana, biaya lebih murah tetapi lebih canggih” harap Rektor Undip ini.

Prof Yos Johan Utama menambahkan dari program matching fund ini akan menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung industri dan tranportasi yang pada akhirnya menghasilkan RGA (Revenue Generating Activities).

BERITA REKOMENDASI