Undip Terjunkan Mahasiswa KKN Secara Virtual

Sementara itu Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip Prof DR Jamari ST MT mengungkapkan, adanya pandemi Covid-19 mengharuskan pelaksanaan KKN tahun ini dengan cara virtual.

“Mohon maaf kita harus melaksanakan dengan model baru, namun ini bukan model pertama tapi juga seluruh universitas di Indonesia. Saya berpesan mahasiswa tidak perlu membandingkan KKN saat ini dengan yang lain. Karena KKN virtual ini merupakan yang pertama kali, bahkan tidak hanya pengalaman baru bagi mahasiswa saja, bagi dosen juga merupakan pengalaman baru.

Diungkapkannya, banyak yang berpendapat KKN online tidak ada manfaatnya. Namun menurut Prof Jamari, hal itu kurang tepat. Pasalnya, inti dari KKN merupakan aksi terjun ke masyarakat menyelami keadaan dan memberikan solusi. Sedangkan mahasiswa dididik di kampus untuk selanjutnya diterapkan ke masyarakat.

“Mereka berpandangan bahwa menangani persoalan masyarakat tidak bisa terjun langsung. Kalau bicara teknologi, justru inilah saatnya tantangan bagi mahasiswa untuk bisa menyelesaikan masalah tanpa terjun langsung tapi dengan memanfaatkan teknologi,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI