Undip Terjunkan Mahasiswa KKN Secara Virtual

Sementara itu pula Kepala P2KKN Undip Fahmi Arifan ST MEng menyebutkan KKN UNDIP Tim II tahun akademik 2019/2020 diselenggarakan selama 42 hari, sejak 5 Juli sampai 15 Agustus 2020. Jumlah peserta KKN secara keseluruhan 3.852 mahasiswa, yang diterjunkan di Indonesia dalam 30 Propinsi mulai dari Aceh sampai dengan Papua barat, dan terbagi dalam 232 Kabupaten/Kota.

Menurutnya, adanya pandemi maka kegiatan KKN tim II tahun 2019/2020 mengalami perubahan. Salah satunya KKN yang biasanya dilakukan secara kelompok (tim) maka pada KKN periode ini dilakukan dengan secara mandiri (individu) atau KKN Pulang Kampung. Juga, KKN yang biasanya dilakukan di lokasi yang ditentukan oleh LPPM maka saat ini ditentukan berdasarkan lokasi domisili (kampung halaman) mahasiswa atau dapat memilih lokasi di luar domisili dengan alasan tertentu dan dengan memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemic covid-19. Pada pelaksanaan KKN Tim II TA 2019/2020 ini, sedikitnya 118 dosen KKN dilibatkan.

“KKN kali ini esensinya tetap KKN-PPM, dengan imbangan program monodisiplin adalah 2 (artinya setiap mahasiswa KKN wajib membuat 2 program monodisipliner sesuai kompetensi keilmuannya) dengan tema Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid 19 dan program pemberdayaan masyarakat dengan pengembangan potensi desa yang bertemakan SDG’s di era pandemi Covid 19.

Kegiatannya antara lain Pemberdayaan Keluarga atau masyarakat di lingkungan tempat tinggal yang sesuai dengan SDGs (Sustainabel Development Goals), Pemberdayaan UMKM, tema Bidang Kesehatan, Sains teknologi, Bidang Teknologi Informasi, Bidang Teknologi Industri, Pertaninan, Perikanan-Peternakan, Soshum, Agroteknologi, dan Agrobisnis.(sgi)

BERITA REKOMENDASI