Unika Latih Kelompok Tani Jatirejo Olah Jagung Jadi Susu dan Minuman Prebiotic

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com-Unika Soegijapranata menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan susu jagung dan minuman prebiotic jagung bagi anggota kelompok tani di desa Jatirejo, kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (19/12/2021).

Pelatihan ini merupakan salah satu dari series pelatihan yang diselenggarakan tim pengabdian yang merupakan kolaborasi dari Fakultas Teknik (FT), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika.

Selain pembuatan susu jagung dan minuman prebiotic, tim juga menyelenggarakan pelatihan pendukung lainnya, seperti pembuatan olahan pudding jagung; perhitungan harga pokok dan pelatihan pemanfaatan alat yang ada.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang mengembangkan inovasi Pengering Solar Tunnel Drier yang diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dari jagung yang diproduksi petani.

Musfiyati SH selaku Lurah Jatirejo mengungkapkan apresiasinya atas upaya dan dukungan tim Unika Soegijapranata dalam memgembangkan dan meningkatkan pada kelompok tani desa Jatirejo.

“Saya berharap dengan adanya program ini para petani jagung di desa jatirejo dapat semakin maju, dan alat ini menjadi proyek percontohan bagi petani jagung di daerah – daerah yang lain,” ucapnya.

Sementara ketua tim Unika Soegijapranata, Dr Florentinus Budi Setiawan ST MT juga menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan nilai ekonomis dari jagung yang diproduksi petani selama ini. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI