Unika Resmikan Gedung Fransiskus Assisi Di BSB City

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Unika Soegijapranata Semarang melakukan peresmian gedung IPC (Innovative Programs Cluster) yang diberi nama Gedung Fransiskus Assisi di BSB City, Semarang, Senin (21/6/2021).

Gedung IPC diresmikan oleh Uskup Agung Semarangyang juga Ketua Badan Pembina Yayasan Sandjojo Mgr Robertus Rubiyatmoko dihadiri rektor dan para pimpinan Unika lainnya.
Gedung Fransiskus Assisi yang merupakan bagian dari SCU Collage merupakan gedung yang memenuhi sertifikasi Green Building yang menunjukkan keberpihakan Unika Soegijapranata terhadap lingkungan sejak awal berdiri hingga sekarang.

Dengan menempati area bangunan seluas sekitar 28,656 m2, Gedung Fransiskus Assisi selesai dikerjakan dalam waktu 504 hari kalender sejak awal dilaksanakan pembangunan 3 Februari 2020.

Ketua Tim Pembangunan gedung IPC Fransiskus Assisi, Prof Dr Y Budi Widianarko MSc menyampaikan gedung memiliki 8 lantai, dilengkapi 25 ruang kelas, 21 ruang kantor, 10 laboratorium besar, ruang pamer, ruang perpustakaan, dan ruang theater. Selain itu juga didukung oleh daya listrik 550 KVA, dan genset 1.250 KVA dan internet dengan kapasitas 1 Gbyte.

“Gedung IPC Fransiskus Assisi ini masih dalam proses pengajuan sertifikasi Green Building ke Green Building Council Indonesia (GBCI). Sehingga untuk lebih melengkapi pengajuan sertifikasi, juga sedang diajukan permohonan pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kepada Pengurus Yayasan. Sehingga apabila disetujui maka fasilitas PLTS tersebut akan semakin melengkapi pengajuan sertifikasi Green Building” ujar Prof Budi.

Lebih lanjut menurutnya, ada beberapa keunggulan gedung Fransiskus Assisi ini, di antaranya konsep bangunan hijau dengan ventilasi yang banyak, terbuka, sehingga diharapkan nantinya mahasiswa lebih banyak di luar kelas daripada di dalam kelas, Di dalamnya juga banyak tersedia kelas kreatifitas walaupun yang kelas konvensional juga tetap ada, yang tujuannya supaya suasananya menjadi lebih cair dan mendorong pada sisi kreatifitas.

BERITA REKOMENDASI