Unika Sinergikan Riset Bersama Bank Indonesia

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi bersama para Wakil Rektor melankukan kunjungan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah

Kunjungan tersebut diterima Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Pribadi Santoso didampingi para Deputi Bank Indonesia. Dan dalam kesempatan tersebut Rektor Unika memperkenalkan para Wakil Rektor yang baru saja dilantik Kamis lalu (30/9/2021).

Dr Ferdinandus juga menyampaikan maksud kunjungan dan rencana program yang bisa disinergikan antara Unika Soegijapranata dengan Bank Indonesia.

“Saya yang awal bulan September ,2021 diberi amanah untuk memimpin Unika sebagai Rektor, kini berkunjung ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah bersama para Wakil Rektor yang baru dilantik di Unika Soegijapranata,” papar Dr Ferdinandus.

“Selain silaturahmi dan memperkenalkan diri, kami juga menyampaikan beberapa hal terkait spirit yang kami usung selama empat tahun ke depan yaitu Imflamere Humanitatem (Menyalakan Kemanusiaan). Kami berharap program yang kami canangkan dapat bersinergi dengan para pihak di luar Unika salah satunya dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah” lanjutnya.

Beberapa program yang dimaksud di antaranya publikasi riset terapan dan penelitian, yang menurut kami masih perlu kami tingkatkan dan kembalikan kepada masyarakat. Hal lain, nanti akan kami kembangkan pusat studi baru yaitu pemberdayaan desa.

“Menurut kami seharusnya kami ada di sana, dan ini yang sudah kami lakukan yaitu pendampingan sembilan desa wisata di beberapa daerah, bekerja sama dengan beberapa organisasi di luar negeri. Dan tampaknya Unika juga pernah menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia yaitu beberapa riset bersama Prodi Manajemen. Tentu kami berkomitmen untuk terus melanjutkan dan jika dimungkinkan meningkatkan riset-riset kita” ujar Rektor.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Pribadi Santoso menyambut baik usulan kerjasama yang disampaikan oleh Rektor Unika.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Rektor beserta tim. Kami juga menyambut baik, rencana kerjasama riset itu agar bisa ditindaklanjuti termasuk beasiswa dan lain-lain. Kerjasama riset baik riset akademis yang bersifat teoritikal maupun aplikasi juga sering kami lakukan bersama rekan-rekan akademisi. Seperti misalnya yang aplikasi adalah pengembangan desa wisata, juga kami lakukan. Termasuk yang berkaitan dengan pangan, karena mandat kami salah satunya adalah menjaga stabilitas inflasi, maka riset dan policy tentang pangan menjadi bagian dari yang harus kami lakukan” ujar Pribadi Santoso.

Bank Indonesia Perwakilan Jateng merasa senang apabila ada yang bisa dikerjasamakan dengan Unika Soegijapranata, baik riset maupun beasiswa atau bidang lainnya. Pada prinsipnya pihaknya terbuka untuk bekerja sama dengan akademisi seperti Unika Soegijapranata, pungkasnya. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI