Unika Soegijapranata Rayakan Natal dan Tahun Baru 2022

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com- Keluarga besar Unika Soegijapranata menyelenggarakan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 di Selasar gedung Thomas Aquinas kampus Unika Soegijapranata, Jumat (7/1/2022).

Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan yang dimulai sejak Desember 2021. Perayaan ini diawali dengan Misa Konselebran oleh Romo Marcellinus Tanto Pr, Romo Aloysius Budi Purnomo Pr, dengan selebran utama Romo Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr.

Dalam pesan homilinya, Romo Edy Purwanto berharap tema Natal “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” tidak hanya jadi slogan atau lip service saja, tetapi betul-betul dihidupi dan dilakukan dalam hidup keseharian, terutama di lingkungan kampus Unika Soegijapranata.

“Perayaan Kelahiran Tuhan Yesus merupakan penyataan cinta kasih Tuhan kepada manusia. Bukan sekedar pernyataan tetapi penyataan, artinya apa yang dulu dijanjikan sekarang menjadi nyata dan konkrit bagi kita yaitu keselamatan bagi seluruh umat manusia,” ucap Romo Edy.

Tanda orang yang percaya dan beriman adalah memiliki kasih dalam dirinya. Kasih itu adalah kasih kepada Allah dan kepada sesamanya. Dan itu menjadi jelas, jika orang itu memiliki kasih di dalam dirinya, maka tentu dia akan mewujudkan kasih itu dengan hidup bersaudara atau kasih kepada sesama.

Semangat kasih itu juga bisa menjadi resolusi yang bisa menjadi resolusi pribadi dan bisa menjadi resolusi kelembagaan. Artinya dengan resolusi ini maka akan muncul kebersamaan karya yang berbuah lebat, tutur Romo Edy.

Sementara Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPSi MSi juga menegaskan perlunya membangun semangat persaudaraan dengan mengusung konsep ‘inflamere Humanitatem’.

“Natal itu lahir kembali dan itu berarti kita harus pulih kembali ke situasi normal,” tandas Dr Ferdinand.

Setelah Misa Natal, perayaan dilanjutkan dengan acara kebersamaan yang diisi dengan tampilan dari para pemenang lomba Soegijapanata’s Got Talent serta tampilan dari masing-masing fakultas atau gedung, yang diselingi dengan pembagian door price.

Sedangkan rangkaian aksi Natal tahun 2021 seperti yang biasa dilakukan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru adalah bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru melalui Paroki Lumajang, bakti sosial pemberian sembako ke Stasi Banjardowo dan bakti pendidikan ke TK Kanisius Genting, Jambu. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI