Unika Wisuda 228 Mahasiswa, Ditandai Sungkeman Orang Tua

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi mewisuda 228 mahasiswa Unika dari berbagi prodi yang ada di Unika, Sabtu (18/12/2021).

Wisuda dilakukan secara hibrid (luring dan daring). Luring untuk para mahasiswa terbaik dan berprestasi di setiap prodi beserta para orang tuanya serta daring untuk mahasiswa lainnya. Wisudawan terdiri 1 program doktor, 13 program magister, 203 sarjana dan 21 diploma.

Pada Wisuda periode IV tahun 2021 ada yang beda dibanding wisuda periode sebelumnya. Yaitu pemindahan kucir tanda kelulusan dilakukan oleh para orang tua wisudawan, khususnya para wisudawan yang melalui daring. Hal baru lainnya para wisudawan melakukan acara bakti orang tua berupa “sungkeman” wisudawan kepada para orang tuanya.

“Tradisi sungkeman merupakan tradisi atau tata laku tidak hanya Jawa saja tetapi universal sehingga tata laku ini harus dikuatkan kembali. Juga sebagai rasa syukur, bakti, dan terimakasih anak kepada orang tuanya karena salah satu keberhasilan mahasiswa sampai ke wisuda tidak terlepas dari peran orang tua. Juga sebagai permintaan restu wisudawan ke orang dua dalam mencari pekerjaan dan kehidupan setelah lulus yang seringkali banyak dijumpai berbagi tantangan yang tidak mudah. ” ujar Rektor.

Pada kesempatan acara wisuda Rektor juga menyumbangkan lagu diiringi permainan biola oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset dan Publikasi Robertus Setiawan Aji Nugroho ST MComm IT PhD. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI