Unimus adakan Workshop untuk Guru Kimia

SEMARANG,KRJOGJA.com – Prodi S-1 Pendidikan Kimia Fakultas Matemataika dan IPA (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) belum lama ini melaksanakan pengabdian masyarakat berupa workshop laoratorium kimia skala kecil (Workshop Small Scale Laboratory Chemistry) di Kabupaten Jepara.

Kaprodi S-1 Pendidikian Kimia Unimus Fitria Fatichatul Hidayah SSsi MPd menyatakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diikuti 35 guru dari 16 sekolah di Kabupaten Jepara yang tergabung dalam Musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kab Jepara pimpinan Nor Kholis MPd. Pengabdian ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan program hibah pengabdian masyarakat yang didanai Kemenristekdikti tahun 2019.

“Penting bagi guru MGMP Kimia Kab Jepara melakukan inovasi penyajian kegiatan praktikum. Perancangan kegiatan pembelajaran berbasis laboratorium kimia yang fleksibel tanpa harus dilakukan di ruang laboratorium, menggunakan peralatan dan bahan dengan harga yang terjangkau juga sangat perlu. Kegiatan PKM ini didukung sejumlah dosen dan 5 mahasiswa Prodi Kimia Unimus dengan melakukan pendampingan guru dalam implementasi small scale laboratory berbasis green chemistry untuk meningkatkan kompetensi pedagogik praktikum kimia bagi kelompok guru kimia” ujar Fitria.

Lebih lanjut menurutnya, small scale laboratory berbasis green chemistry merupakan penggunakan alat dan bahan kimia dalam skala kecil (tetesan) untuk pengamatan reaksi, percobaan secara kualitatif (identifikasi asam basa, difusi gas, destilasi, elektrolisis) maupun kuantitatif (titrasi asam basa). Kegiatan ini hanya membutuhkan sedikit bahan kimia sehingga mengurangi atau meminimalisir limbah yang dihasilkan, serta tidak terlalu membahayakan siswa.

“Capaian yang diharapkan lewat PKM ini, guru kimia yang tergabung dalam MGMP Kimia Kab. Jepara mampu meningkatkan pemahaman pentingnya proses praktikum yang dapat memudahkan guru dalam merekontruksi pengetahuan siswa. Selain itu, terjadi peningkatan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan dan evaluasi kegiatan praktikum."

"Pendampingan guru dalam implementasi small scale laboratory berbasis green chemistry ini mampu membantu sekolah dalam pengelolaan dana operasional laboratorium yang minim. Guru dapat mengelola operasional laboratorium dengan menerapkan prinsip kit small scale laboratory berbasis green chemistry," ujar Fitria Fatichatul Hidayah Ssi MPd yang juga ketua program PKM Prodi Kimia Unimus didampingi anggota PKM Eko Yuliyanto SPd Si, MPd. (sgi)

BERITA REKOMENDASI