Unimus-ALSI Gelar Konferensi Internasional ICLS

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Assosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI) dan Indonesia Concorsium for Learning Improvement (ICLI) selama 3 hari (8-11/9) menggelar The 12th International Conference on Lesson Study (ICLS).

Konferensi yang dibuka Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd ini menampilkan sejumlah pembicara kunci di antaranya Prof Manabu Sato PhD (Gakushuin University, Emeritus Professor of Tokyo University – Japan) dan Assoc Prof Fang Yan Ping PhD (National Institute of Education, Nanyang Technological University – Singapore).

Ketua Panitia Konferensi yang juga Dekan Fakultas Matematika dan IPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd menyampaikan kegiatan konferensi ICLS dilakukan rutin tiap tahun dengan tuan rumah bergantian di sejumlah negara. Kegiatan konfereni ICLS ke 12 kali ini diikuti para pegiat dan ahli lesson study dari seluruh dunia, nara sumber luar biasa dari berbagai perguruan tinggi ternama di dunia seperti Chambridge, Tokyo University, Monash University dan lain lain. Diawali 6 pembicara keynote speech, dilanjutkan plenary session 9 pembicara berbagai negara, kemudian simposium, workshop, round table, yang semuanya dihadirkan dari para pakar di bidang ini.

“Di dalam konferensi ada pula workshop berkaitan dengan hal-hal mutakhir terkait perkembangan lesson study, kemudian juga ada kegiatan paparan ilmiah dari para peserta . Peserta kali ini 900-an peserta, juga presenter yang sudah divalidasi 62 orang ditambah beberapa presenter lainnya yang ikut mengisi kegiatan” ujar Dr Eny yang juga Ketua Task Force Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Unimus ini.

Kegiatan ini, ujar Dr Eny, juga dimeriahkan atau disemarakkan dengan berbagai lomba. Karena lesson study merupakan pelajaran kolaborasi, maka dilaksanakan kegiatan kolaborasi sebagai tindak lanjut diadakannya MOU antara Unimus dengan Ketua Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng yang akhirnya ditindaklanjuti dengan dibentuknya 40 tim lesson study di Jateng dari 40 sekolah Muhammadiyah yang ditunjuk.

“Konferensi ICLS ini juga bagian dari kegiatan hibah PKKM yang diraih Unimus, kaitannya dengan capaian sejumlah indikator yang harus dicapai dalam program PKKM. Pada konferensi juga disampaikan beberapa video kegaiatan open class atau seorang
guru sedang mengajar berbasis lesson study sementara para guru lainnya dan dosen pendamping dari Unimus memberikan masukan-masukan perbaikan untuk meredesain materi pembelajaran (lesson study). Open class lesson study sangat berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran” ujar Dr Eny Winaryati MPd. (sgi)

 

BERITA REKOMENDASI