Unimus Gelar FGD Platform Digital Evaluasi

Menurut Dr Enny, untuk melihat ketercapaian dan keterlaksanaan oleh guru kepada siswa perlu dilakukan supervisi oleh kepala sekolah yang juga harus berbasis 4 CS. Kegiatan kepala sekolah ketika mensupervisi 4CS ini perlu dievaluasi yang disebut evaluasi pada Supervisi Pembelajaran berbasis 4CS.

“Karena era-nya era teknologi informasi maka tim peneliti mencoba meng-create nya dengan platform digital. Maksudnya ketika kepala sekolah melakukan supervisi ke gurunya tidak usah melakukan kertas tetapi dengan Android untuk melihat sejauh mana ketercapaian guru pada siswa terkait pemberian 4CS. Kemudian evaluasi yang digunakan dengan form digital berbasis android ini memberikan kemudahan kenyamanan kecepatan sehingga apa yang diharapkan dalam pembelajaran abadi 21 ini dapat terlaksana dengan baik dan bisa melakukan tindak lanjut cepat” tambah Dr Enny.

Lebih lanjut menurut Dr Enny, karena masalah ini termasuk hal baru, maka tim peneliti meminta para ahli, praktisi kepala sekolah, guru, juga stakeholder untuk minta memberi masukan sehingga bisa memberikan hasil model yang maksimal.

“Tambahan, untuk mensupervisi guru, tidak usah kepala sekolah langsung. Karena latarbelakang kepala sekolah belum tentu sama dengan yang disupervisi. Bila berbeda latar belakang, sangat mungkin hal hal terkait konten atau materi belum tentu bisa dipahami kepala sekolah. Maka supervisi bisa menggunakan teman guru atau guru serumpun. Yang melakukan supervisi itu guru serumpun menggunakan Android platform digital nanti datanya data guru asses oleh diri diri sendiri dan dua orang teman guru yang divalidasi kepala sekolah. (sgi)

BERITA REKOMENDASI