Unimus Latih Kelola Limbah Cangkang Rajungan Jadi Penyedap Rasa

Editor: Agus Sigit

“Besar harapan kami program ini terus berlanjut, sehingga warga memiliki pendapatan sampingan selain dari profesi mereka sebagai nelayan. Harapan kami pula setelah program ini selesai dilaksanakan, kami akan mengajukan kembali untuk pengembangan pemasaran dan distribusi serta peningkatan kualitas dalam produksi sehingga dapat menyerap banyak lapangan pekerjaan,” ucap Muhammad Yusuf PhD.

Sedangkan Ketua Kelompok Nelayan Mina Jaya, Khumaidi menyampaikan program yang dilaksanakan oleh tim dosen Unimus sesuai dengan kebutuhan nelayan yaitu pemanfaatan limbah cangkang rajungan yang sudah mulai menumpuk dan berpotensi mencemarkan wilayah ini. Dengan adanya program ini, secara tidak langsung akan menciptakan lapangan kerja baru bagi warga sekitar.

“Untuk selanjutnya PKM Unimus ini akan menyediakan alat pengemasan sehingga diharapkan dengan semakin lengkapnya peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan akan meningkatkan produktivitas dan kualitas produk kelompok kami. Langkah yang dilakukan sekarang adalah melakukan pengurusan izin edar dari BPOM agar produk penyedap rasa alami dari rajungan ini dapat diedarkan dengan cakupan wilayah yang lebih luas,” papar Khumaidi. (sgi)

BERITA REKOMENDASI