Unimus Menuju Akreditasi Unggul Melalui Self-Assessmen

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Sebagai upaya maksimal untuk meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Kemendikbudristek, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah mendampingi (melakukan) Self–Assessmen persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) secara daring dan disiarkan secara langsung dari ruang Aula Lantai 7 Gedung Fakultas Kedokteran Unimus, Jumat (8/10/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, Wakil Rektor I Dr Budi Santosa MSi Med, Wakil Rektor II Dr Hardiwinoto MSi, Wakil Rektor III Dr Ir Syamsudi Rahadjo MM MT, para Ketua Lembaga, Ketua Program Studi dan Tim Task Force Akreditasi Perguruan Tinggi di Unimus.

Kegiatan tersebut didampingi langsung oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dengan menugaskan 3 orang assesor Andi Bayu Bawono SE MSi PhD (dosen UM Surakarta yang juga Wakil Bendahara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah), Prof Dr Nano Prawoto MSi (dosen UM Yokyakarta dan sebagai Tim Asistensi Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah), dan Dr Mufdlilah SPd SSiT MSc (UNNISA Yogyakarta dan sebagai Tim Asistensi Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah).

Bertujuan untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi menuju Akreditasi Unggul, pendampingan tersebut sangat penting sebagai pacuan dan motivasi bagi Unimus menuju mutu Unggul dengan melihat dari persipaan yang sudah disiapkan. Selain itu pendampingan juga bisa dijadikan simulasi secara real untuk menuju Akreditasi Perguruan Tinggi di Unimus yang akan dilaksanakan 13–14 Oktober 2021.

Pada sambutannya Rektor Prof Dr Masrukhi MPd menyampaikan permohonan kepada Assesor untuk memberikan bimbingan, arahan, kritik, saran sehingga bisa mengantarkan pencapaian yang maksimal dalam proses Akresitasi Perguruan Tinggi yang akan dilaksanakan Unimus.

Lewat pendampingan Self Assessmen tersebut bisa untuk mengetahuai kekurangan yang ada untuk diperbaharui, dioptimalkan dan ditingkatkan, sehingga bisa memberikan hasil yang sesuai dengan harapan.

Selain itu perwakilan tim Assesor Majelis Diktilitbang menyampaikan kebanggaan terhadap Unimus dengan adanya Kerjasama seluruh Tim Akreditasi dari Kriteria 1 – 9. Hal tersebut dapat dilihat dari kesiapan Unimus yang tercermin dari penyususnan dokumen – dokumen yang sudah disiapkan dan bisa menjadikan masukkan dalam mengembangkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia khusunya Unimus.

Dengan ditetapkan kriteria yang semakin ketat dan kompetensi yang semakin tinggi diharapkan bisa memacu semangat dan motivasi bagi Institusi untuk meningkatkan kualitas untuk kedepannya.(sgi)

 

BERITA REKOMENDASI