Unimus-Puskesmas Kedungmundu Gelar Vaksinasi

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Unimus bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Kedungmundu (DKK Kota Semarang) menyelenggarakan vaksinasi vaksin Covid-19 bagi sivitas akademika Unimus dan warga sekitar kampus, Jumat (22/7/2022).

Ketua Satgas Covid-19 Unimus Dr Sayono SKM MKes (Epid), Kabid Pelayanan Satgas Covid-19 Unimus yang Ketua Pelaksana Lokasi vaksinasi Dr Ns Yunie Armiyati SKep MKep SpKep MB dan Kepala UPTD Puskesmas Kedungmundu dr Gita Nur Fitri Andari kepada pers di sela sela pelaksanaan vaksinasi di Gedung Nursing Research Centre (NRC) Unimus menyampaikan vaksinasi dilakukan dalam rangka memberi perlindungan maksimal sivitas akademika dan masyarakat umum sekitar kampus.

“Vaksinasi ini juga sebagai kontribusi kami pada pemerintah untuk akselerasi pencapaian target vaksinasi Covid-19 terutama vaksin booster. Kali ini kerjasama kembali dengan Puskesmas Kedungmundu dengan target sasaran 300 orang. Insyaallah dan berharap bisa terlayani dengan baik warga yang vaksinasi” ujar Dr Sayono yang juga Dekan Fakuktas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unimus ini.

Lebih lanjut menurut Dr Sayono, vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi kelima yang diselenggarakan Satgas Covid-19 Unimus. Unimus sangat berterima kasih kepada Puskesmas Kedungmundu karena dipercaya untuk ikut serta dalam vaksinasi dan juga kerjasama dalam beberapa program kesehatan masyarakat seperti pos pembinaan terpadu (posbindu) serta beberapa program sebelumnya seperti Germas, surveilance penyakit akibat vektor (nyamuk) terutama Demam Berdarah dan lainnya.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi sehari tersebut, Unimus-Puskesmas Kedungmundu melayani untuk semua jenis vaksin tergantung kebutuhan masyarakat yang datang, bisa vaksin pertama, vaksin kedua ataupun vaksin booster. Dua jenis vaksin disediakan panitia yaitu Pfizer dan Moderna.

Senada, Dr Ns Yunie Armiyati SKep MKep SpKep MB yang juga Kaprodi D3 keperawatan Unimus menyampaikan di area yang sama, Prodi Keperawatan dan Kebidanan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) bekerja sama dengan Puskesmas Kedungmundu juga menggelar Pos Pembinaan Terpadu (posbindu) serta rapid test.

“Posbindu fokus ke pelayanan untuk deteksi penyakit penyakit tidak menular seperti hipertensi, obesitas, berat badan, tinggi badan dan lain lain dengan pantauan tekanan darah, indeks masa tubuh dan gula darah.Pelaksanaan nya di bantu Mahasiswa keperawatan dan kebidanan” ujar Dr Yunie.

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Kedungmundu (DKK Kota Semarang) dr Gita Nur Fitri Andari menyampaikan pihaknya juga apresiasi Unimus yang sudah beberapa kali bekerjasama dengan Puskesmas Kedungmundu. Berbagai bentuk kerjasama yang sudah dilakukan seperti pengukuhan kesehatan, tes antigen Covid-19, pos Bindu dan lain lain.

Dirinya berharap pelaksanaan vaksinasi bisa meningkatkan capaian vaksinasi sesuai harapan pemerintah. Juga kesadaran masyarakat akan kesehatan makin tinggi. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI