Unissula Ambil Sumpah 29 Dokter Baru

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Sebanyak 29 dokter baru Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (FK Unissula) Semarang diambil sumpah di kampus setempat, Sabtu (8/1).

Sumpah dokter ke 120 Periode 1 Tahun 2022 ini dihadiri di antaranya Dekan FK Unissula Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF, para wakil dekan, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Umar Ma’ruf SH SPN MHum, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Jateng dr Riptieni Tri Lutiarsi SKM MKes, dan Ketua Senat FK Unissula dr Sampurna MKes.

Dekan menyampaikan sumpah dokter merupakan bentuk janji kepada Alloh dan janji publik untuk mengawali praktek kedokteran sebagai pengabdian profesinya.

“Salah satu kewajiban dokter adalah selalu melakukan pelayanan kedokteran yang baik, selalu mengambil keputusan profesional, selalu mempertahankan perilaku profesional dalam ukuran yang tertinggi. Pengambilan keputusan profesional ini ditujukan dengan sikap, tindakan perilaku dokter yang memiliki niat baik yang konsisten, kesungguhan, ketuntasan kerja , integritas ilmiah dan sosial sebagai wujud dari integritas moral dan kejujuran intelektual sebagai komponen etis altruistik dan dari standard profesi” ujar Dekan.

Di sisi lain Dekan juga mengingatkan sejumlah tantangan baru profesi dokter di era Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0 di antaranya menyangkut tiga literasi baru yaitu Data, Teknologi, dan Kemanusiaan. Ini untuk menghasilkan dokter Indonesia yang mampu beradaptasi dan memenuhi kebutuhan nasional dan global.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unissula Dr Umar Ma’ruf SH SPN MHum menyampaikan dokter harus bisa mengabdikan diri di tengah masyarakat. Dalam kondisi apapun keberhasilan dokter baru sebagai amanah dan tanggungjawab kepada Allah.

“Unissula berpesan dalam kondisi apapun jangan membeda-bedakan pasien yang anda rawat. Tunaikan tugas penuh keiklasan dan melaksanakan semua dengan tanggungjawab, semangat mencari ridlo Alloh dan yang dilakukan bernilai ibadah yang dilakukan milai ibadah.

Lebih lanjut menurut WR 1 Unissula, orang sakit merupakan tugas dan tanggung jawab tenaga kesehatan. Sedang kesembuhan merupakan hak Alloh. Dokter dalam melakukan pengobatan harus secara profesional dan berharap pasien bisa sembuh serta diridloi Alloh. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI