Unissula Kembangkan Jejaring Internasional

SEMARANG,KRJOGJA.com – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang meningkatkan jejaring pendidikan internasional sejalan dengan usia dan pengalaman 56 tahun.

Setiap tahun  mengirimkan mahasiswa student exchange ke berbagai perguruan tinggi (PT) luar negeri di antaranya Rotterdam University (Belanda), Dongseo University (Korea), UKM, IIUM, UTM, USIM (Malaysia), Tokushima University, Hiroshima University  (Jepang), UNISA, dan UBD (Brunai).

Alwi Bahtiar, mahasiswa prodi Teknik Elektro yang berpengalaman kuliah luar negeri (Korea) melalui kerjasama internasional Unissula didampingi Kepala UPT Pemasaran dan Kehumasan Unissula Dedi Rusdi SE MSi Akt CA kepada pers di kampus setempat Selasa (12/2/2019) menyatakan senang bisa  mengikuti pertukaran mahasiswa ke Dongseo University Korea belajar selama Agustus-Desember 2018 lalu.  

“Keinginan saya untuk bisa belajar di luar negeri akhirnya tercapai lewat kerjasama Unissula dengan perguruan tinggi internasional ini. Lewat kerjasama ini saya bisa memiliki pengetahuan dan pengalaman belajar di negeri orang” ujar Alwi.

Selain jejaring internasional, menurutnya, faktor daya tarik lainnya, Unissula memiliki alumni puluhan ribu di seluruh Indonesia di antaranya sebagai ASN, TNI, Polri, Swasta dan Wirausaha. Unissula juga menggunakan sistem computer based test (CBT) dan one day service (pelayanan pendaftaran, test, pengumuman, serta dapat melakukan registrasi pada hari yang sama). Khusus untuk prodi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, dan Farmasi tes dilakukan dua pekan sekali.

Sementara itu menurut Dedi Rusdi, Unissula juga mengapresiasi para penghafal Quran dengan beasiswa khusus penghafal 5, 11,16, 26 juz serta 30 juzz berupa potongan DPI dan UKT. Juga ada beasiswa alumni untuk calon mahasiswa dari putra putri alumni berupa keringanan DPI, serta beasiswa santri untuk  calon mahasiswa yang merupakan santri ponpes. 

Beasiswa Unissula Cemerlang untuk calon mahasiswa dengan nilai rata rata rapor kelas III semester 5 dan 6 minimal 85. Beasiswa jenis ini untuk calon mahasiswa berprestasi di bidang keilmuan, olah raga atau seni tingkat provinsi dan juara 1 dan 2 tingkat nasional maupun internasional.

“Beasiswa Unissula Berkhidmad untuk calon mahasiswa jalur reguler berupa potongan DPI untuk putra kyai, hakim,jaksa, TNI,polri, advokad, guru, perawat, bidan, buruh tani, buruh pabrik, nelayan, dan dhuafa.  Kami PT berbasis Islam menggunakan strategi pendidikan Budaya Akademik Islami untuk mengkader mahasiswa menjadi insan khairu ummah yang ditunjang infrastruktur di areal kampus terpadu 35 hektar seperti gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan modern, rumah sakit, auditorium, masjid, pesantren mahasiswa ‘ ujar Dedi Rusdi. (sgi)

 

BERITA REKOMENDASI