Unissula Targetkan Raih Akreditasi Internasional

SEMARANG,KRJOGJA.com- Setelah Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang memperoleh nilai unggul (A) untuk akreditasi institusi dari BAN-PT, kini Unissula meningkatkan diri berupaya meraih akreditasi internasional.

“Setelah mendapat nilai A akreditasi institusi dan banyak prodi yang terakrediasi A, kami meningkatkan diri meraih akreditasi internasional bagi prodi prodi yang memiliki nilai A dari BAN PT. Salah satunya dari  Accreditation Service of International  School, Colleges & University (ASIC) berbasis di Inggris. ASIC selama bebetapa hari ini melakukan visitasi di kampus Unissula” ujar Wakil Rektor I Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD didampingi Dekan Fakultas Hukum Prof Dr Gunarto SH SE Akt MHum di kampus setempat, Senin (25/11/2019).

Tim penilai dari ASIC terdiri Lee Hammond (CEO ASIC) dan Florence Wanima (Customer Relation Manager) melakukan penilaian borang dan dokumen yang disyaratkan untuk akreditasi ASIC. Fakultas yang diakreditasi yaitu Fakultas Kedokteran (prodi S1 Pendidikan Dokter dan S1 Profesi Dokter), Fakultas Kedokteran Gigi (prodi S1 Kedokteran Gigi dan  S1 Profesi Dokter Gigi), Fakultas Hukum (prodi S1 Hukum, S2 Hukum, S2 Notariat, S3 Hukum), Fakultas Teknik (prodi S2 Teknik Sipil), Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasu (prodi Sastra Inggris) serta Fakultas Agama Islam (prodi S1 Pendidikan Agama Islam).

Terkait dengan pemilihan lembaga ASIC, menurut Prof Gunarto, sejumlah perguruan tinggi di Indonesia banyak menggunakan lembaga akreditasi ini seperti Unair, UNS dan Unisba Bandung. Juga karena adanya rekomendasi dari Dikti untuk memilih ASIC sebagai lembaga akreditasi internasionalnya. Unissula menargetkan tahun 2022 ada 80 persen prodinya terkaditasi internasional.

“Salah satu manfaat bila terakreditasi internasional ASIC, karena bisa semakin banyak menjaring mahasiswa internasional dari berbagai negara kuliah di Unissula. Mengingat jaringan lembaga ASIC sangat kuat di seluruh dunia”  ujar Prof Gunarto. (Sgi)

 

BERITA REKOMENDASI