Universitas Negeri Semarang Siapkan 10.370 Kuota dalam PMB 2022

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyiapkan kuota 10.370 untuk mahasiswa baru (maba) dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022. Dialokasikan melalui 3 jalur, 3.084 untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 4.099 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan 3.187 Seleksi Mandiri (SM). Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menjelaskan kuota PMB Unnes dialokasikan sesuai ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (30% dari kuota total untuk jalur SNMPTN, 40 % SBMPTN, dan 30% SM).

“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terus meningkat, kami terima sebagai amanah dengan memberikan layanan pendidikan prima kepada mahasiswa. Calon mahasiswa (cama) adalah orang-orang terpilih. Dari 42.325 pendaftar, saudara termasuk dalam 3.083 cama yang beruntung. Selamat datang dan bergabung di kampus berwawasan konservasi dan bereputasi internasional” ujar Profesor Bidang Sosiolinguistik itu pasca pengumuman SNMPTN, Selasa (29/3/2022) lalu.

Calon maba Unnes yang diterima jalur SNMPTN dapat melakukan registrasi administrasi pengisian data pokok (30 Maret-10 April), pengiriman dokumen rapor dan borang A1 (diterima paling lambat 12 April cap pos), pembayaran biaya pendidikan, tes kesehatan (diatur lebih lanjut sesuai perkembangan darurat covid-19), registrasi daring, dan verifikasi registrasi.

Selain SNMPTN, Unnes juga membuka kesempatan putra putri terbaik bangsa menimba ilmu di kampus konservasi ini melalui jalur SBMPTN. Pedaftaran SBMPTN 2022, 23 Maret-15 April, Pelaksanaan UTBK 17 Mei-3 Juni dan Pengumuman hasil SBMPTN 23 Juni. Unnes sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik Indonesia siap mendukung pelaksanaan UTBK. Dua lokasi UTBK disiapkan, di Gedung Kearsipan dan Gedung Unnes Digital Center (UDC) serta terus melakukan persiapan UTBK dengan menyiapkan 790 komputer dan memperketat penerapan protokol kesehatan.

Sebagai kampus bervisi global dengan segudang prestasi, Unnes menjadi incaran studi calon mahasiswa. Rektor berharap, kesempatan masuk Unnes jalur SBMPTN dipergunakan sebaik-baiknya. Data SBMPTN 2021, peminat Unnes sangat tinggi mencapai 43 ribu lebih. Tahun ini, Unnes memiliki 70 program studi di 8 Fakultas untuk dipilih melalui jalur SBMPTN.

Unnes dilengkapi berbagai sarana prasarana guna memberikan pengalaman terbaik mahasiswa dan masyarakat. Sarana olahraganya beragam (lapangan bulu tangkis, sepak takraw, bola voli indoor-outdoor, basket indoor-outdoor, bela diri, sepak bola, softball/baseball dan hokey, tenis, voli pantai, peralatan senam, lintasan sintetis atletik, mini golf dan driving range) hingga kolam renang. Unnes juga memiliki laboratorium (lab) dan studio untuk mendukung proses belajar mengajar seperti lab komputer, kimia, bahasa, studio gambar, studio fotografi, galeri seni rupa, dan lain-lain.

Di bidang teknologi informasi, jaringan internet Unnes berbandwidth 1,6 GB dan terkoneksi serat optik antar fakultas. Untuk memberikan kenyamanan mahasiswa, tersebar hotspot gratis di seluruh areal kampus. Demi memberikan pelayanan prima, Unnes menyediakan Pusat Layanan Kesehatan dengan harga terjangkau bagi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Unnes juga memiliki asrama mahasiswa untuk penerima beasiswa KIP-Kuliah dan dari luar kota Semarang. Asrama tersebar di 3 lokasi (di Sekaran khusus putra, khusus putri di Kalisegoro, serta putra-putri di Ngaliyan). Selain nyaman, asrama memiliki program pelatihan di antaranya bahasa Inggris, kepemimpinan, memasak, dan menari. Meski dilengkapi dengan fasilitas memadai, pengelola tidak mematok biaya tinggi bagi mahasiswa.

Selain beasiswa KIP Kuliah, Unnes juga menyediakan beragam beasiswa diantaranya dari Laziz, Bank Indonesia, YVDMI, Mitra Unnes, IKA Unnes, Supersemar, Djarum, IM-HERE, PKHI-B, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Afirmasi, dan lainnya. Di Unnes, mahasiswa memiliki beragam pilihan organisasi/lembaga kemahasiswaan maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Seperti Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM KM), Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas, Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Badan/Lembaga Semi Otonom seperti Keilmiahan, Pramuka, Pecinta Alam, dan lain-lain. Selain itu, lebih dari 70 UKM bisa diikuti mahasiswa, mulai UKM Fotografi, Olahraga, IPTEK, Seni Budaya, dan lain-lain. Melalui UKM, mahasiswa bisa berekspresi dan berkarya sesuai bakat dan minatnya.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, Unnes juga menerima mahasiswa baru lewat Seleksi Mandiri (SM) dengan 3 jalur yaitu Jalur Prestasi, Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unggulan, dan Jalur Kelas Internasional bagi Calon Mahasiswa dari Indonesia. Informasi lengkap jalur masuk Unnes di laman penerimaan.unnes.ac.id.

Memiliki visi besar sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, semakin meneguhkan Unnes menjadi kampus favorit di Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan, Unnes bertekad mengembangkan diri menjadi rumah ilmu pengembang peradaban unggul, menjaga marwah dan jati dirinya sebagai lembaga ilmu pengetahuan yang bertugas mengembangkan potensi SDM Indonesia, membangun keunggulan bangsa dan memberikan manfaat bagi manusia dan kemanusiaan.(Sgi)

BERITA REKOMENDASI