Unnes Gelar Anugerah Mitra Media 2022 dan Lomba Video Pendek

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com- UPT Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar Anugerah Mitra Media Unnes 2022 dan pemberian hadiah pemenang lomba video pendek di Gedung LPPM Unnes, Jumat (24/6/2022).

Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada jurnalis dan media yang telah berkontribusi dalam mempublikasikan riset, inovasi, prestasi dan reputasi Unnes selama ini.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para awak media yang merupakan garda terdepan dalam menyampaikan informasi riset, inovasi, prestasi dan reputasi Unnes.

“Ini merupakan bentuk ucapan terima kasih kami pada rekan-rekan media yang selama ini mewartakan kabar terbaik Unnes dan ikut membesarkan nama Unnes ke masyarakat. Perguruan tinggi dan media harus bergandengan erat dan harus selalu bisa menjadi mata air bagi masyarakat dan mencerahkan kehidupan bangsa,” ujar Prof Zaenuri.

Prof Zaenuri juga menyampaikan rasa syukur mendapatkan berbagai macam masukan untuk perbaikan dan mengetahui permasalahan yang ada melalui tulisan-tulisan di media.

Menurutnya, dengan bersinergi dengan media, Unnes dapat menerima umpan balik atau masukan masyarakat secara lebih baik. Pemberian apresiasi kepada media ini terbagi dalam 3 kategori, yaitu Media Cetak, Media Online, dan Media Elektronik atau media penyiaran yang selalu mendukung publikakasi di bidang riset, inovasi, prestasi dan reputasi Unnes.

Selain memberikan penghargaan mitra media, Humas Unnes juga memberikan anugerah video pendek kreatif dalam rangka Dies Natalis UNNES ke-57.

Prof Zaenuri juga mengapresiasi peran mahasiswa dan masyarakat umum yang telah menyumbangkan pemikirannya sehingga mampu menciptakan video pendek kreatif Unnes. Dirinya berharap nantinya akan ada video kreatif yang lebih banyak lagi.

“Kegiatan ini melibatkan peran mahasiswa, alumni dan masyarakat umum, jadi kami sangat berterima kasih. Kami berharap ini nantinya akan bisa merangsang lebih banyak lagi video-video kreatif yang dimunculkan,” jelas Prof Zaenuri.

Kepala UPT Humas Unnes Muhamad Burhanudin MA mengungkapkan bahwa penganugerahan diharapkan dapat menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Unnes dalam rangka Dies Natalis, seperti halnya pada Dies Natalis ke-57 Unnes kali ini.

“Besar harapan kami, anugerah mitra media dan lomba video kreatif bisa menjadi sarana komunikasi, silaturahmi dan meningkatkan jalinan kerja sama dengan media,” jelasnya.

Burhan juga menyebutkan penghargaan yang digelar sebagai upaya penguatan unit kehumasan Unnes dapat disambut baik oleh para peserta.

“Untuk sekarang ini, Unnes bermitra dengan kurang lebih 75 media baik media online, media cetak maupun media elektronik,” kata Burhanuddin.

Selain itu, Burhanuddin menyampaikan terkait strategi komunikasi Unnes yang menggunakan strategi yang memanfaatkan PESO (Paid media, Earned media, Shared media, and Owned media). Dengan startegi tersebut informasi-informasi dapat disampaikan terbuka pada mitra media.

Adapun para pemenang Anugerah Mitra Media UNNES yakni Kategori Media online (Terbaik 1 Detik.com,
Terbaik 2 Ayo Semarang,
Terbaik 3 Wawassan.co), Kategori Media cetak (Terbaik 1 Suara Merdeka, Terbaik 2 Kedaulatan Rakyat, Terbaik 3 Jawa Pos Radar Semarang), Kategori Media elektronik (Terbaik 1 Metro TV, Terbaik 2 Kompas TV, Terbaik 3 TVRI).

Sedangkan kategori Video Pendek Kreatif, Terbaik 1 akun instragram @feunnes, Terbaik 2 akun instragram @indahsriuntarai64, Terbaik 3 akun instragram @a.ditiyaa, dan Harapan 1 akun instragram@pascasarjana_unnes,
Harapan 2 akun instragram @yahyanurifriza
Harapan 3, akun instragram@miasalmonella dan
Juara favorit akun instragram @efa_nugroho. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI