Unwahas Gelar FGD Pertukaran Pelajar dan MBKM

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan secara daring kampus setempat, Minggu (25/7/2021).

Sejumlah pembicara tampil di FGD tersebut di antaranya Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Unwahas Dr Andi Purwono SP MIP, Dr Hasan SE MSc (Dekan Fe Unwahas), Dr H Ardian Adhitama SE MM (Kaprodi Manajemen Unissula), Lulu April Farida MPd (Staf Ahli WR Bidang Kerjasama Unnes), Yull Ariyanti SE MM (dosen FE Unwahas).

Menurut Dr Andi Purwono, salah satu tujuan pertukaran pelajar (mahasiswa) dalam program MBKM ialah terbentuknya soft skill mahasiswa untuk mendukung kegiatan belajar mereka di berbagai prodi, jurusan dan perguruan tinggi. Melalui MBKM mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi unggul saat lulus kuliah. Empat kecakapan diharapkan dimiliki mahasiswa peserta MBKM termasuk pertukaran pelajar yaitu mampu berpikir kritis, memecahkan masalah, mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu berkreasi dan berkolaborasi dengan baik.

“Program ini juga bagian upaya perguruan tinggi menyiapkan lulusan yang ideal agar sukses dalam memenangkan persaingan. MBKM juga bertujuan menyiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dunia kerja dan mampu menghadapi atau mengantisipasi perubahan jaman”ujar Dr Andi.

Menurutnya pula, perguruan tinggi dituntut dapat merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) inovatif sesuai dengan keinginan Menteri Nadiem Makarim melalui program MBKM dimana salah satunya softskill bisa masuk ke dalam intra kurikulum. Tujuan MBKM untuk meningkatkan kompetensi lulusan (soft dan hard skill) agar lebih siap dan relevan dengan tuntutan jaman. Terkait dengan pertukaran pelajar dan MBKM di Unwahas, ujar Dr Andi Purwono, Unwahas memiliki sejumlah peraturan rektor yang dibuat tahun 2020 dan bia dijadikan panduan dalam melaksanakan MBKM termasuk pertukaran pelajar. (sgi)

BERITA REKOMENDASI