UPVC AlternatiF Pengganti Kayu

KENDAL, KRJOGJA.com – Kayu saat ini semakin langka, akan tetapi pembangunan perumahan terus bertambah karena kebutuhan yang tinggi. UPVC merupakan alternatif penggantinya dengan kwalitas diatas aluminium. 

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki saat berkunjung ke PT Terryham Proplas Indonesia Jumat (24/1) yang merupakan produsen UPVC mengaku kagum jika di Kendal ada perusahaan alternatif pengganti kayu tersebut.

Teten saat mengunjungi pabrik mengatakan jika hal tersebut merupakan peluang bagi pelaku UMKM karena bisa memasarkan dan juga membangun tempat usaha dengan menggunakan UPVC. "Ini merupakan peluang juga bagi pelaku UMKM karena kayu yang semakin langka perlu alternatif penggantinya,"ujar Teten.

Terkait permaslahan UKM utk ekspor, ada beberapa hal antara lain pengusaha UKM berkreasi kepada produk, bukan mempertahankan orginalitas, baik itu dalam rasa maupun warna. Padahal bayer lebih suka pada orginalitas. Selain itu juga keterbatasan pengusaha kecil dalam memahami dokumen yang harus dipersiapkan.

Sementara itu Direktur PT Terryham Proplas Indonesia Syamsunar menjelaskan perusahaan yang dipimpinnya memproduksi UPVC. Selain memiliki peluang yang cukup besar utk berkembang di dalam negeri, kends upvc juga berpeluang melakukan ekspor karena sudah memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) hingga 76 persen. Pesaingnya pun belum banyak dari negara produsen upvc, yang terberat hanya jerman dan china. (Ung)

BERITA REKOMENDASI