Usul Dibubarkan, di Kudus 77 Koperasi  Tinggal Papan Nama

Editor: Ary B Prass

KUDUS, KRJOGJA.com – Sebanyak 77 koperasi di wilayah Kabupaten Kudus kini tinggal papan nama, dan tengah diusulkan untuk dibubarkan. Usulan pembubaran  karena koperasi tersebut tidak memiliki pengurus serta tidak diketahui alamat kantor sehingga selama beberapa tahun terakhir tidak ada aktivitas, termasuk tidak menggelar rapat akhir tahun (RAT).
Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, pihaknya telah  mengusulkan pembubaran 62 koperasi ke Kementerian Koperasi. “Kami tinggal menunggu balasan dari kementerian,” ujar Rini di kantornya, Kamis (24/3/2022).
Pembubaran koperasi dilakukan sesuai prosedur dan mekanisme, karena setiap koperasi yang berdiri dengan badan hukum tercatat di lembaran negara. Saat ini, di Kudus terdapat 542 koperasi,  77 koperasi di antaranya tidak aktif karena berbagai sebab. Namun yang diusulkan pembubaran melalui mekanisme pemerintah ada 62 koperasi, sedangkan 15 koperasi diusulkan melalui rapat anggota.
Dari 15 koperasi yang diusulkan pembubarannya melalui rapat anggota, hingga saat ini yang sudah berhasil baru satu koperasi. Sedang lainnya masih diupayakan.
“Koperasi yang diusulkan untuk dibubarkandalam kategori sulit untuk digerakkan. Koperasi tidak ada aktivitas selama periode tertentu, tidak ada pengurus, tidak melaporkan RAT, tidak ada alamat kantor, serta sebab lainnya,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI