Vaksinasi Lansia, Kades Caruban Bujuk Lansia Hingga Kerumah

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – Vaksinasi Covid 19 terus gencar dilakukan agar rantai penyebaran bisa terputus, lansia merupakan sasaran saat ini. Meski demikian untuk bisa mengajak para lansia ini tidak mudah, seperti yang ada di Desa Caruban Kecamatan Ringinarum. Kepala Desa Caruban Diyah Tin Agustinah harus menyambangi rumah-rumah lansia agar Mau divaksin.

“Kebanyak mereka takut dan kawatir kalau disuntik vaksin nanti malah sakit dan sebagainya, saya dan perangkat serta Babinsa dan Babinkamtibmas membujuk mereka dan memberikan pengertian agar tidak percaya terkait berita-berita tersebut,”ujar Diyah Jumat (18/6). Pihaknya menyediakan tempat di Balaidesa agar tidak terlalu jauh dari rumah warga terutama lansia.

Jumlah lansia di Desa Caruban Kecamatan Ringinarum Sebanyak 500 lansia dan saat ini Lansia yang sudah di vaksin sebanayk 130 orang. Meski sudah disambangi kerumah, pada pelaksanaannya dari 100 lansia yang diundang hanya 60 orsng yang hadir. Mseki demikian pihaknya akan melakukan undangan ulang agar target terpenuhi.

Sementara itu Camat Ringinarum Sobirin mengatakan saat ini ada 19 warga yang terpapar Covid 19. Warga desa yang terpapar Covid 19 diantaranya Desa Caruban 4 orang, Desa Tejorejo ada 3 orang, Desa Purworejo ada 5 orang, Desa Mojo ada 1 orang, Desa Ringinarum 4 orang, Desa Kedung Gading ada 1 orang dan Desa Pageedawung ada 1 orang.

Lebih lanjut Sobirin mengatakan saat ini jumlah lansia di Kecamatan Ringinarum 4.814 orang dan saat ini yang sudah di vaksin sebanyak 1.854 orang multi dosis dan
96 single dosis. “Kami berharap warga selalu menerapkan Prokes dan selalu menjalankan PPKM Mikro,”ujar Sobirin. (Ung)

 

 

BERITA REKOMENDASI