Vaksinasi Virus Corona Harus Disimulasikan

SALATIGA,KRJogja.com – Wakil Ketua Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid 19 Kota Salatiga, Dance Ishak Palit menegaskan Dinas Kesehatan Kota (DKK) segera mempersiapkan diri menyambut vaksinasi virus korona di Salatiga. Untuk itu DKK segera melakukan simulasi proses vaksinasi agar berjalan lancar pada waktunya.

“Kami minta DKK segera berkoordinasi dan melakukan persiapan bersama-sama melakukan simulasi vaksinasi covid19. Jangan sampai ketika pemerintah pusat mengirim vaksin, Salatiga belum siap dan terjadi kekacauan dalam mekanismenya,” tegas Dance Ishak Palit kepada KRJogja.com, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, simulasi sangat penting karena ini menyangkut kepentingan banyak orang sehingga harus benar-benar diperhatikan, mulai gudang vaksin tata cara pengiriman ke lokasi pelaksanaan vaksin dan pengawalannya.

“Jangan sepelekan masalah proses pengiriman vaksin dari gudang ke lokasi titik pelaksanaan vaksin dan bagaimana prosesnya termasuk administrasinya. Ini gunanya harus disimulasikan dengan segera,” katanya.

Dari data yang Satgas Covid19 mengenai persiapan vaksinasi, di Salatiga sudah ditentukan 27 titik pelaksanaan vaksinasi dengan jumlah tenaga per lokasi kurang lebih 8 orang termasuk diantaranya tenaga medis yang melakukan vaksin.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Salatiga, Adhi Isnanto mengatakan dana penanganan covid dari Biaya Tak Terduga (BTT) sudah siap untuk dipakai. Untuk akhir tahun 2020 masih terdapat dana BTT kurang lebih Rp 57 miliar sedangkan di alokasi APBD 2021 sudah dialokasikan Rp 10,5 miliar. “Anggaran sudah dialokasikan. Silahkan DKK sebagai dinas teknis,” kata Adhi Isnanto.(Sus)

BERITA REKOMENDASI